LBHM Salahkan Polisi dalam Menangani Kasus Lucinta

Hukum  JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 22:56:00 WIB

LBHM Salahkan Polisi dalam Menangani Kasus Lucinta
RMOLSumsel. Aparat penegak hukum melakukan penanganan kasus penyalahgunaan narkotika berdasarkan peraturan perundang-undangan. Namun Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat (LBHM) mengkritik penanganan aparat Kepolisian terhadap kasus Lucinta Luna.

Lembaga civil society ini menilai, pendekatan aparat dalam menangani pemakai narkoba berujung penahanan tidak tepat.

"(penanganan) Justru kontradiktif dengan upaya mendukung pemulihan seorang pemakai narkotika," tutur Direktur LBHM Ricky Gunawan dalam keterangan tertulisnya yang dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (14/2/2020).

Ricky melanjutkan, penangan pemakaian narkotika seharusnya menggunakan kacamata kesehatan, bukan hukum pidana. Sebab dari pengakuan Lucinta Luna, penggunaan zat psikotropika itu untuk menghilangkan depresi dan mengontrol emosi.

 "Apalagi ada indikasi Lucinta Luna berkaIi-kali mencoba bunuh diri. Ini kondisi kesehatan jiwa yang tidak dapat dianggap remeh. Seharusnya disediakan dukungan kesehatan dan psikososial, bukan penanganan yang punitif," tambahnya.

 Oleh karena itu, LBHM meminta kepolisian mengubah pendekatan hukum pidana kasus penyalahgunaan narkoba oleh pengguna. Sebab penangkapan atau penahanan pemakai narkotika akan membuat mereka malas mengakses layanan kesehatan.

"Sudah waktunya kepolisian menghentikan penggunaan cara-cara yang punitif dalam mengatasi permasalahan pemakaian narkotika, dan mengedepankan pendekatan kesehatan yang humanis," pungkasnya.[ida]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00