Pimpin BI Sumsel, Hari Widodo Lanjutkan Program

Ekonomi  JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 20:19:00 WIB

Pimpin BI Sumsel, Hari Widodo Lanjutkan Program
RMOLSumsel. Deputi Direktur Kantor Perwkilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Hari Widodo resmi menjabat Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggantikan Yunita Resmi Sari.

Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto yang menghadiri pengukuhan berharap, Kepala Perwakilan BI Sumsel dapat menjaga pertumbuhan ekonomi provinsi ini.

"Saat ini Sumsel sudah baik. Kepala yang baru harus bisa meneruskan yang sudah bagus, jika perlu ditingkatkan," ungkapnya.

Erwin melihat hubungan dengan stakeholder selama ini cukup baik. Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan tercatat tertinggi di wilayah Sumatera sebesar 5,71% pada tahun 2019 atau di atas pertumbuhan ekonomi Nasional sebesar 5,02%.

Artinya aktivitas ekonomi di wilayah ini berlangsung cukup baik yang ditopang oleh sektor pertanian dan perkebunan, pertambangan dan industri pengolahan.

"Banyak potensi Sumsel yang bisa digali dan akan menjadi mesin pendukung ekonomi daerah, diantaranya di sektor ekonomi syariah dan pariwisata," ulasnya.

Ada beberapa catatan bagi terkait ekonomi saat ini. Dimana, ada beberapa tantangan harus harus bisa dihadapi ditengah kondisi yang berlangsung pada tahun ini.

Dimana, kondisi global saat ini cukup berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok masih akan memberi impact negatif bagi perekonomian RI tahun ini. Apalagi virus corona yang saat ini membuat ketidakpastian, karena pertumbuhan ekonomi regional perlu dijaga karena itu menggambarkan pertumbuhan ekonomi nasional," imbuhnya.

Sementara itu Hari Widodo siap meneruskan apa yang sudah baik dan meningkatkan apa yang haris ditingkatkan.

"Ada tiga sektor yang menjadi potensi dalam meningkatkan ekonomi, seperti sektor pertambangan, pengolahan dan pertanian. Kita akan coba terus mengembangkan sektor lain," ungkapnya.

Hari optimis akan meningkatkan ekonomi di Sumatera Selatan naik berkisar 5,7 sampai 6,1 persen, dan menargetkan inflasi sekitar satu persen dari sebelumnya 2,06 persen.

"Kita juga akan melakukan pengembangan di bidang ekonomi syariah. Saat ini sudah ada dua pondok pesantren yang kita bina untuk program kemandrian ekonomi. Tahun ini kami menargetkan ada penambahan tiga pondok pesantren lagi sehingga total binaan kita menjadi 5 ponpes," tandasnya. [ida]



Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00