Mahasiswa Sumsel dari China: Kami Aman dari Virus Corona

Sosial  JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 14:06:00 WIB | LAPORAN: RAHMAD RAMLI

Mahasiswa Sumsel dari China: Kami Aman dari Virus Corona
RMOLSumsel. Setelah menjalani masa inkubasi selama 14 hari dari Dinas Kesehatan (Dinkes) ketujuh mahasiswa Sumsel yang menempuh pendidikan di China dinyatakan sehat dan bebas Virus Corona.

Meski demikian para mahasiswa ini belum diperbolehkan berangkat ke China kembali sampai kondisi disana benar-benar aman dari virus yang mematikan itu.

"Tepat hari ini masa inkubasi kami selama 14 hari sejak kedatangan sudah selesai. Selama ini dak ado masalah kesehatan. Katek yang sakit, jadi bisa dipastikan kami aman," tegas Adam Amrismfasyah (19) kepada RMOLSumsel, Jumat (14/2).

Dikatakan Adam, sejak kedatangan mereka dari China ke Palembang pada 1 Februari lalu, mereka secara rutin menjalani pemeriksaan kesehatan sekaligus melakukan inkubasi sendiri di rumah. Pemeriksaan sendiri dilakukan di rumah masing-masing oleh petugas yang langsung datang ke rumah. Selama menjalani pemeriksaan, semua mahasiswa Sumsel yang pulang ke Palembang dinyatakan negatif Virus Corona.

"Pemeriksaan yang kami jalani antara lain apakah menderita panas badan, apakah ada mengalami gejalan panas dalam. Kemudian cek di dada, kalau-kalau mengalami dadak sesak, pemeriksaan flu. Petugas datang rutin ke rumah tiap dua hari sekali. Alhamdulillah kami sehat semua," jelas Adam, mahasiswa Jiansu Normal University China yang tinggal di Kota Xu Zhou Provinsi Hubei selama 1,5 tahun.

Pemeriksaan rutin yang dijalani mahasiswa jurusan ekonomi internasional semester 3 berlangsung selama 15 hingga 25 menit. Selama menjalani inkubasi, Adam tidak banyak melakukan aktifitas di luar rumah guna menjaga kesehatan fisiknya.

Diceritakan Adam, dia tinggal di Kota Xu Zhou dan saat ini kuliah di Jiang Xu Normal University jurusan ekonomi internasional semester 3. Di kota ini cukup banyak WNI yang menjalani pendidikan setidaknya ada sekitar 150 mahasiswa, 50 orang diantaranya dari Sumsel.

"Saat itu coba-coba daftar di internet ternyata diterima. Semua biaya kuliah ditanggung pihak universitas dengan catatan nilainya harus baik. Alhamdulillah sejauh ini baik bahkan sangat baik. Kalau tidak baik, beasiswa aku bakal dicabut," terang Adam yang mendapat beasiswa dari Jiang Xu Normal University setelah tamat dari SMAN 2 Kota Prabumulih.

Selain Adam Amrismafasyah, keenam mahasiswa lainnya yakni Fauzan Nurihsan Achmad, Muhammad Rijal Fauzi, Muhammad Naufal, Raden Ayu Fierdhalita, Annisa Sekar Ayu Nur Utami, dan Muhammad Wahyu Adji Pamungkas, juga dinyatakan sehat dan bersih dari Virus Corona. [rhd]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00