BI Sumsel Terus Kembangkan Ekonomi Syariah Di Pondok Pesantren

Ekonomi  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 22:29:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

BI Sumsel Terus Kembangkan Ekonomi Syariah Di Pondok Pesantren

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) menginisiasi untuk melakukan pengembangan ekonomi syariah di pondok pesantren di wilayah Provinsi Sumater Selatan (Sumsel)


Kali ini, bank central Indonesia ini, meresmikan Program Sosial Bank Indonesia PSBI yang diinisiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, untuk pengembangan ekonomi syariah/kemandirian pesantren berupa pengolahan air minum kemasan di Pesantren Muqimus Sunnah Kampus 3 yang terletak di Kenten Laut, Kamis (13/2/2020).

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Erwin Rijanto menyampaikan, PSBI adalah Program Sosial yang dilakukan secara sistematis dan terencana melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat dan kepedulian social.

"Hari ini ada empat yang kita resmikan hari ini, pengolahan air minum kemasan di Pesantren Muqimus Sunnah dan peresmian BI Corner untuk bidang pendidikan di Perpustakaan SMA Negeri Sumatera Selatan, SMA Plus Negeri 17 Palembang dan SMA Xaverius 1 Palembang," sampainya.

Dalam mendukung pengembangan ekonomi syariah, sinergi program kemandirian ekonomi pondok pesantren dan usaha syariah lainnya perlu dilakukan. Menyadari hal ini, Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) menginisiasi untuk melakukan pengembangan ekonomi syariah di pondok pesantren salah satunya adalah pengolahan air minum.

Pada tahun 2019, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan juga telah memberikan bantuan mesin pengolahan air minum kepada Pondok Pesantren Muqimus Sunnah.

"Kita berharap dapat meningkatkan kemandirian ekonomi bagi santri maupun pengurus di Pondok Pesantren Muqimus Sunnah," terangnya.

Bank Indonesia melalui PSBI dengan tema Indonesia Cerdas” juga menginisiasi pendirian 1000 BI Corner yang ditempatkan di perpustakaan-perpustakaan di Indonesia.

Hal itu dilakukan untuk mendukung upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran Bank Indonesia, sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat.

"Pada tahun 2019 kami sudah mendirikan 5 BI Corner dan ini akan terus kita kembangkan di sekolah-sekolah lain di Sumsel," tandasnya. [irm]



Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00