Dorong Pengusaha Sawit Terapkan Sustainability Palm Oil

Ekonomi  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 20:40:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Dorong Pengusaha Sawit Terapkan Sustainability Palm Oil

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Ketua Umum GAPKI Pusat, Joko Supriyono mengatakan, industri Kelapa Sawit Indonesia memiliki peranan penting bagi perekonomian dan pembangunana Indonesia. Menurutnya, pada tahun 2019 produksi indonesia tumbuh 9%, konsumsi tumbuh 24%, dan eksport tumbuh sebesar 4%.

 

"Melalui Andalas Forum II ini, kita mengharapkan seluruh pengusaha dan petani kelapa sawit agar menerapkan sustainability pulm oil," katanya dalam acara Andalas Forum II di Hotel Harper, Palembang, Kamis (13/2/2020). 

Sementara itu, Ketua panitia Andalas Forum II-2020, Harry Hartanto dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini berlangsung dua hari 13 - 14 Februari 2020 dan melibatkan berbagai unsur seperti mahasiswa, pengusaha, Pemda Sumsel dan Pemda Kabupaten/kota se-Sumsel. dan lainnya.

 

Dijelaskannya, kegiatan ini terselenggara dengan landasan pembentukan Andalas Forum dan penetapan pengurus. Tujuannya untuk memajukan dan mengembangkan industri Kelapa Sawit serta dalam menjawab tantangan Kelapa Sawit berkelanjutan di Indonesia.

 

"Setelah pelaksanaan Andalas Forum II-2020 di Sumatera Selatan ini, selanjutnya Andalas Forum akan dilaksanakan di Provinsi Jambi," ungkap Harry Hartanto.

Asisten II Pemprov Sumsel, Yohannes H. Toruan yang hadir mewakili Gubernur Sumsel, mengharapkan agar GAPKI dapat mendorong anggotanya sebagai pelaku usaha perkebunan untuk perbaikan dalam pengelolaan usahanya.

 

Dijelaskannya, perbaikan yang paling mendesak yang harus dilaksanakan berupa antara lain, menyelesaikan konflik lahan dan konflik sosial dengan masyarakat dan dengan sesama korporasi. Mewujudkan kewajiban perusahaan perkebunan, untuk memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat seluas 20% dari luas areal perizinan. Hal ini merupakan amanat dari Undang - Undang Perkebunan Nomor 39 Tahun 2014. [irm]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00