Waduh! Trump Gembira Duterte Akhiri Perjanjian VFA

Politik  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 15:17:00 WIB

Waduh! Trump Gembira Duterte Akhiri Perjanjian VFA
RMOLSumsel. Sejak Rodrigo Duterte jadi Presiden Filipina, ia lebih mendekatkan negaranya dengan China. Perlahan tapi pasti, hubungan Filipina dengan Amerika Serikat (AS) menjadi renggang.

Bahkan hubungan baik Filipina dan AS tampaknya akan segera berakhir. Terutama karena Presiden Duterte telah mengakhiri Perjanjian Kunjungan Militer atau Visiting Forces Agreement (VFA), yang sudah berumur lebih dari 20 tahun itu.

Menanggapi itu, Presiden Donald Trump tidak terkejut. Ia bahkan memberikan lampu hijau untuk diakhirinya Perjanjian VFA, sesuai keinginan Presiden Duterte.

Pada Selasa (11/2), Duterte mengumumkan akan menghentikan VFA yang telah berusia dua dekade dengan AS. Keesokannya, Rabu (12/2), Trump mengatakan ia tidak keberatan dengan keputusan Duterte tersebut.

Diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (13//2/2020), Kedutaan Besar AS di Manila menyebut keputusan tersebut sebagai langkah serius yang memberikan implikasi signifikan.

Sementara itu, keputusan Duterte untuk mengakhiri pakta militer dengan AS alias VFA sendiri dipicu oleh pencabutan visa AS terhadap mantan kepala polisi Filipina.

"Saya tidak keberatan jika mereka ingin melakukan itu. Itu akan menghemat banyak uang," ujar Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih.

Trump sendiri selama ini memang memiliki visi untuk membawa kembali pasukan AS dari operasi militer di luar negeri.

Namun, berbeda dengan Trump, beberapa pejabat lainnya justru berpendapat bahwa penghentian VFA hanya akan menyulitkan kepentingan AS di Asia Pasifik, terlebih saat ini ditengah ambisi China yang terus meningkat.

Selain itu, saat ini juga militer AS di Jepang dan Korea Selatan tengah terombang-ambing, padahal ancaman dari China dan Korea Utara semakin di depan mata. [ida]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00