Lima Cara Agar Dihindari Semua Virus, Termasuk Corona

Lifestyle  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 15:23:00 WIB | LAPORAN: RAHMAD RAMLI

Lima Cara Agar Dihindari Semua Virus, Termasuk Corona
RMOLSumsel. Sekarang banyak orang cenderung ‘tidak aktif’ yang pada akhirnya mempengaruhi kesehatan mereka dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat, junk food, pekerjaan berat, dan berbagai alasan lainnya. Seperti yang telah diketahui, saat ini virus corona sedang menyebar. Penyakit yang baru ditemukan di Tiongkok ini sangat meresahkan dunia karena banyak kasus virus corona yang telah dilaporkan di banyak negara.

Jangan biarkan dirimu terpengaruh atau terinfeksi penyakit dengan melakukan beberapa tips sederhana berikut ini dari Likee!

1. Perhatikan apa yang kamu makan. Ada pepatah mengatakan, "Kamu adalah apa yang kamu makan". Tepat sekali. Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa makanan adalah salah satu penyebab paling umum yang mendatangkan penyakit. Salah satu contohnya adalah virus corona, penyakit yang berasal dari hewan liar yang dijual di pasar tradisional di Wuhan, Tiongkok. Oleh karena itu, kamu perlu memilih makanan dengan bijak dan menghindari makan yang tidak baik bagi kesehatanmu. Kamu perlu menyeimbangkan makananmu dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan susu.

2. Jaga kebersihan diri. Makanan memang perlu dijaga, namun tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan diri. Menjaga kebersihan diri sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan tetapi seringkali dilupakan bahkan dianggap sepele oleh beberapa orang. Hal yang perlu diingat adalah kamu tidak tahu betapa pentingnya menjaga kebersihan sampai kamu jatuh sakit. Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu hanya perlu memberikan perhatian lebih terhadap kebersihan diri. Bagaimana caranya? Kamu bisa mulai dengan mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur, menggunakan masker di tempat umum, dan jangan lupa untuk rutin membersihkan benda yang sering kamu sentuh, terutama handphone-mu.

Memahami pentingnya kebersihan diri yang sejalan dengan kemunculan virus corona yang kian meresahkan, platform pembuatan video pendek Likee menciptakan kegiatan #AntiCorona untuk mengajak penggunanya untuk selalu menjaga kebersihan diri agar tubuh tidak mudah sakit. Kamu hanya perlu membuka akun Likee-mu dan mencari tagar #AntiCorona untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan kamu juga menyebarkan pesan bermanfaat ini kepada orang lain. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, bukan?

3. Dorong dirimu untuk berolahraga. Suatu hal yang normal jika rutinitas harian membuatmu sibuk sepanjang hari. Namun, kamu harus tetap rutin berolahraga dan memulainya jika belum, karena itu adalah salah satu kunci utama untuk mencegah diri dari serangan penyakit. 

4. Tidur yang cukup dan berkualitas. Kamu harus ingat bahwa istirahat itu penting untuk mengisi ulang energi kamu dan cara terbaik adalah dengan tidur yang cukup. Banyak orang bertanya-tanya mengapa mereka masih merasa lelah bahkan setelah mereka bangun tidur, apakah kamu salah satunya? 

Jangan berpikir bahwa tidur yang cukup berarti kamu harus tidur sebanyak yang kamu bisa. Alih-alih tubuh bugar setelah bangun, tidur berlebihan malah akan membuatmu merasa lelah. Jadi, fokuskan diri untuk tidur yang berkualitas. Untuk melakukannya, kamu perlu menghindari gangguan dan membuat dirimu relax dan senyaman mungkin.  Dengan melakukan tidur berkualitas, berarti kamu bertanggung jawab atas tubuhmu sendiri.

5. Jangan gampang stres, chill out! Sekian banyak hari yang dilalui tentu tidak selalu jadi hari yang baik. Setiap orang memiliki masalah dan itulah yang membuatmu lebih berwarna. Kamu perlu belajar untuk mencegah dirimu dari stres karena itu akan menimbulkan masalah yang lebih besar saat hal tersebut mempengaruhi kesehatanmu.

Hal ini mungkin tidak mudah, terutama bagi kamu yang selalu panik saat berhadapan dengan masalah. Namun, kamu justru harus mencoba untuk relax dan chill out saat momentum penting tersebut. Dengan begitu, kamu dapat menyelesaikan masalahmu dengan efektif sambil melindungi dirimu dari penyakit yang bisa menjangkit. [rhd]


Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00