AS Terkejut, Duterte Akhiri Perjanjian VFA

Politik  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 13:08:00 WIB

AS Terkejut, Duterte Akhiri Perjanjian VFA
RMOLSumsel. Presiden Rodrigo Duterte pekan lalu telah memutuskan mengakhiri Perjanjian Milter dengan Amerika Serikat (AS) yang telah berusia dua dekade; Visiting Forces Agreement (VFA). Namun Pemerintah AS baru mengetahui itu.

Karenanya AS menyayangkan keputusan Pemerintah Filipina itu. Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper, mengatakan Pentagon baru mengetahui langkah Filipina tersebut beberapa jam terakhir.

Sehubungan hal tersebut, Esper mengatakan ingin mendengar langsung kabar itu dari Komandan Militer AS. Setelah dapat penjelasan nantinya, ia baru akan membuat kebijakan terhadap keputusan Presiden  Duterte tersebut.

Dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (13/2/2020), di bawah Perjanjian VFA yang ditandatangani pada 1988, pesawat dan kapal militer AS diizinkan bebas masuk ke Filipina. Personel militer AS juga dikenai visa berlibur dan kebijakan paspor di bawah perjanjian.

"Kami baru saja menerima pemberitahuan tadi malam, kami harus mencernanya, kami harus bekerja melalui sudut kebijakan militer. Saya ingin mendengar dari komandan saya, tetapi Anda tahu, menurut saya, sayang sekali mereka harus mengakhiri kerja sama ini," kata Esper.

Ia baru saja pergi ke Brussel untuk bertemu dengan para Menteri Pertahanan NATO. Esper, baru-baru ini mengunjungi Filipina, telah berulang kali menyuarakan keprihatinan atas peran China yang semakin meluas di kawasan Indo-Pasifik.

"Penghentian kerja sama itu pasti terkait dengan beberapa masalah lain, belum tentu karena peran China. Jadi sekali lagi, saya akan mengambil langkah ini satu per satu," katanya mengutip CNN International kemarin.

 Sebelumnya, Duterte telah mengirim surat kepada pejabat AS untuk mengakhiri perjanjian militer Visiting Forces Agreement (VFA). Juru bicara Presiden Filipina Salvador Panelo mengatakan, keputusan itu dilihat sebagai penurunan resmi aliansi militer antara kedua negara di Laut China Selatan yang terjalin lama. [ida]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00