Jabatan Yang Pas Untuk Mulfachri Tetap Wakil Ketua Umum

Politik  RABU, 12 FEBRUARI 2020 , 19:36:00 WIB

Jabatan Yang Pas Untuk Mulfachri Tetap Wakil Ketua Umum

NET

RMOLSumsel. Demokrasi di internal PAN patut diapresiasi. Pasca Pilpres 2019, partai berlambang matahari ini satu-satunya partai politik yang menggelar pemilihan ketua umum dengan sistem voting.


Selebihnya, tidak ada dinamika, yaitu memilih ketum parpol secara aklamasi. Bahkan, banyak parpol sedari awal memang disetting dengan calon tunggal. "Ini positif, meski pada akhirnya Zulkifli Hasan membuat rekor baru, ketum PAN dua periode," kata analis politik yang juga Direktur Mahara Leadership, Iwel Sastra, Rabu (12/2).


Di sisi lain, Zulkifli Hasan diminta bersikap negarawan. Yaitu merangkul kompetitornya di kongres. Terutama pesaing utamanya Mulfachri Harahap. Bagaimanapun, mantan ketua Fraksi PAN DPR RI itu adalah kader utama yang ikut membesarkan PAN di garis depan.

 

Dan saat pemilihan, dia juga meraih suara signifikan yaitu 225 suara dari total 565 suara. "Saya kira jabatan yang pas tetap wakil ketua umum. Kalau ditarok di Dewan Kehormatan atau Majelis Pertimbangan Partai, itu malah dibuang, karena bukan pengurus harian," ujar Iwel Sastra.


Zulkifli Hasan sudah meminta Hatta Rajasa sebagai ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN. Sementara ketua Dewan Kehormatan PAN belum ditentukan. Periode lalu, jabatan itu diemban pendiri partai Amien Rais. Ditambahkan Iwel Sastra, tidak hanya Mulfachri Harahap, menjelang Pilkada serentak 2020, dan menyongsong Pemilu 2024, PAN harus kompak dan solid, untuk itu Zulkifli Hasan disarankan juga merangkul Asman Abnur dan Dradjad H. Wibowo.  [irm]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00