Bukan JPU Harun Masiku Saja, 4 Jaksa Ditarik

Hukum  SELASA, 28 JANUARI 2020 , 12:29:00 WIB

Bukan JPU Harun Masiku Saja, 4 Jaksa Ditarik
RMOLSumsel. Sempat dikabarkan, jaksa penuntut umum (JPU) yang tengah menangani kasus Harun Masiku mendadak mundur. Ada pula rumor menyebut, jaksa bernama Yadyn itu mendadak dikembalikan ke Kejaksaan.

Ternyata bukan JPU kasus Harun Masiku saja, ada empat jaksa yang kembali bertugas di Kejaksaan Agung.

"Terkait pemberitaan penarikan dua Jaksa untuk kembali bertugas di Kejaksaan, kami mengapresiasi langkah Jaksa Agung sebagai bagian dari upaya penguatan kelembagaan Kejaksaan menuju Adhyaksa Emas 2020," ucap Yadyn Palebangan saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (28/1/2020).

Yadyn menambahkan, ia mengaku siap ditempatkan di mana saja. Termasuk ditarik penugasannya dari KPK kembali ke Kejaksaan Agung.

"Sebagai abdi negara, kami siap ditempatkan di mana saja," katanya. Namun, Yadyn berharap dapat menyelesaikan tugasnya di KPK sebelum kembali melaksanakan tugas di Kejaksaan Agung.

Yadyn diketahui merupakan salah satu Jaksa yang menangani kasus suap Proyek Meikarta di Pengadilan Tipikor Bandung dengan terdakwa Sekda Jawa Barat nonaktif Iwa Karniwa, dan sejumlah kasus di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Yadyn juga berharap penarikan dirinya tidak dijadikan polemik dan dikaitkan dengan perkara yang tengah ditanganinya, yakni kasus politikus PDIP Harun Masiku.

"Dan saya tidak ingin penarikan ini berpolemik lebih jauh," terangnya. "Terima Kasih untuk Pimpinan KPK, baik yang periode ini maupun periode sebelumnya atas bimbingan pelaksanaan tugas selama kami mengabdikan diri di lembaga yang kami cintai ini," pungkasnya seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan penarikan tersebut merupakan hal yang wajar dilakukan di suatu lembaga, seperti KPK.

"Tentu yang bisa menarik atau mengundang kembali yang dipekerjakan itu organisasi induk, kalau memang membutuhkan teman-teman kembali ke sana (organisasi asal), tentu kita tak bisa menolak hal itu," kata Ali Fikri kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin malam.

Ali pun tak membantah ada empat Jaksa yang dikembalikan ke Kejaksaan Agung. Dua Jaksa di antaranya telah habis masa tugasnya di KPK, sedangkan dua Jaksa lainnya masih memiliki waktu tugas di KPK.

"Ada dua orang dari kejaksaan, dan ada dua yang memang sudah habis masa waktunya, jadi ada empat. Tetapi kemudian, perlu kami sampaikan juga, ada enam orang yang rencananya akan dikirim dari Kejagung setelah melalui seleksi. Untuk membantu tugas-tugas KPK sebagai jaksa penuntut umum," kata Ali.[*]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00

Guru Honorer Harus Diberhentikan Massal

Guru Honorer Harus Diberhentikan Massal

Sosial13 Februari 2020 14:24

Aturan Baru Dana BOS, Kepala Sekolah Terancam Penjara
Rajin Menabung Dari Uang Saku, Ternyata

Rajin Menabung Dari Uang Saku, Ternyata

Kriminal11 Februari 2020 09:37

Hukum11 Februari 2020 08:11

RUU Omnibus Law Hapus Cuti Panjang Pekerja

RUU Omnibus Law Hapus Cuti Panjang Pekerja

Ekonomi13 Februari 2020 16:01