Dituding Bikin Ruwet, Amien Diminta Jauhi Kongres

Politik  SABTU, 18 JANUARI 2020 , 23:15:00 WIB

Dituding Bikin Ruwet, Amien Diminta Jauhi Kongres
RMOLSumsel. Oleh sesama pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais disebut terlalu ikut campur dalam urusan partai. Amien juga diingatkan untuk tidak banyak ikut campur dalam kontestasi.

Pesan tersebut disampaikan kolega Amien sesama pendiri PAN, Abdillah Toha. Menurutnya, sebagai senior tentu lebih tepat mempercayakan gelaran kongres pada pengurus partai.

"Ya sudahlah, yang lalu-lalu kan selalu ikut campur, itu kan urusan sistem demokrasi di partai. Sudah waktunyalah melepaskan ini ke yang muda-muda," ujar Toha di Jakarta, Sabtu,  (18/1/2020).

"Jangan ada tekanan-tekanan dari Pak Amien lah, Pak Amien harus membiarkan, partai jangan tergantung ke Pak Amien," katanya menambahkan.

Toha mengungkapkan bahwa banyak pihak yang merasa keberatan dengan tekanan yang dilakukan Amien selama ini. Hanya saja, dia tidak menjelaskan tekanan apa yang dimaksudkan.

"Ya tafsirkan sendiri ikut campurnya bagaimana? Banyak yang keberatan. Bikin ruwet," tegasnya.

Pada kongres PAN santer disebutkan tiga nama yang bakal maju sebagai bakal calon ketua umum PAN yakni petahana Zulkifli Hasan, mantan ketua fraksi PAN di DPR RI Mulfachri Harahap dan Asman Abnur, mantan menteri Pemberdayaan Aparatur Negara.

Menariknya, Mulfachri Harahap selain maju caketum dikabarkan menggandeng putera Amien, Hanafi Rais sebagai kandidat sekretaris jenderal.

Menanggapi hal itu, pengamat politik Universitas Al-azhar Ujang Komarudin menilai ditariknya Hanafi oleh Mulfachri merupakan upaya Amien Rais untuk membangun dinasti politik.

Padahal, kata Ujang, dinasti politik biasanya menjadi cikal bakal kinerja partai menjadi melempem jika salah mendorong orang.

"Jika yang diangkat dari kalangan keluarganya tak punya kemampuan, lalu kinerjanya melempem," kata Ujang seperti dilansir Kantr Berita Politik RMOL.[*]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00