Skandal Jiwasraya, Banyak Laporan yang Hilang..

Ekonomi  SABTU, 18 JANUARI 2020 , 14:05:00 WIB

Skandal Jiwasraya, Banyak Laporan yang Hilang..
RMOLSumsel. Anggota Ombudsman RI Bidang Ekonomi  Dadan Supardjo Suharmawijaya mengatkan, kasus gagal bayar polis nasabah PT Asuransi Jiwasraya disinyalir akibat tidak adanya proteksi bagi konsumen.

Dikemukakannya, itu terbukti salah satunya dengan laporan tahunan perusahaan plat merah itu ditemukan banyak kejanggalan.

Dadan mentakan tu dalam serial diskusi Populi Center bertajuk "Mencoba Mengerti Kerumitan Masalah Jiwasraya", di The MAJ Senayan, Pizza Kayu Api, Jl. Asia Afrika Pintu IX, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/1).

"Laporan tahunan pun ini ada kejanggalan. Ada kewajiban terkait dgn publikasi lapora keuangan, ini penting bukan hanya para investor tapi juga (bagi) konsumen," kata Dadan.

Dadan mengurai, terkait laporan tahunan ini kerap kali tidak dipublikasikan dengan baik oleh pihak asuransi. Bahkan, sekalipun ada laporan tersebut sukar dipahami oleh publik dan bisa mengarah pada cara-cara manipupatif.

"Di laporan tahun sebelumnya informasi-informasi tertentu yang sensitif itu tampil. Tapi belakangan menjadi hilang," ujar Dadan. seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL

"Nah bagi kami sebagai lembaga pengawas (Ombudsman) bisa jadi titik krusialnya disitu. Ada apa? Yang disembunyikan itu coba kita periksa," imbuhnya menegaskan.

Atas dasar itu, Dadan menilai akibat laporan tahunan yang terkesan berantakan tersebut gampang 'masui angin' dengan uang nasabah yang diputar untuk membeli saham-saham gorengan oleh para oknum di Jiwasraya tersebut.

"Oh ternyata dari tahun ke tahun itu bahwa misalnya saham yang dibeli itu saham gorengan dan lain-lain. Masuk lagi nambah lagi, nambah lagi. Sehingga uang yang mestinya menjadi penjaminan bagi nasabah menjadi sangat tipis," tandasnya.

Selain Dadan, turut hadir sejumlah narasumber lain yakni; ekonom senior Ryan Kiryanto, praktisi forensik Keuangan Stevanus Alexander Sianturi, dan Pengamat BUMN Data Indonesia Herry Gunawan. [*]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00

Guru Honorer Harus Diberhentikan Massal

Guru Honorer Harus Diberhentikan Massal

Sosial13 Februari 2020 14:24

Aturan Baru Dana BOS, Kepala Sekolah Terancam Penjara
Rajin Menabung Dari Uang Saku, Ternyata

Rajin Menabung Dari Uang Saku, Ternyata

Kriminal11 Februari 2020 09:37

Hukum11 Februari 2020 08:11

RUU Omnibus Law Hapus Cuti Panjang Pekerja

RUU Omnibus Law Hapus Cuti Panjang Pekerja

Ekonomi13 Februari 2020 16:01