Inilah Barter Politik ala Jokowi-Prabowo

Politik  SENIN, 13 JANUARI 2020 , 20:15:00 WIB

Inilah Barter Politik ala Jokowi-Prabowo
RMOLSumsel. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin mencermati, empat anggota keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencalonkan diri di Pilkada Serentak 2020. Mereka adalah Gibran Rakabuming Raka, M Bobby Afif Nasution, Wahyu Purwanto, dan Doli Sinomba Siregar.

Putra pertama Jokowi Gibran akan maju di Kota Solo, Bobby sang menantu Presiden akan maju Kota Medan, adapun Wahyu adik ipar Jokowi akan mencalonkan diri Kabupaten Gunung Kidul, sementara Doli yang merupakan paman menantu Jokowi bakal mencalonkan diri di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Menurut Ujang, Jokowi serius mengusung anggota keluarganya pada pilkada tahun ini. Istilah yang muncul, aji mumpung, Jokowi effect benar-benar dimaksimalkan.

Ujang juga menyebutkan, tidak salah bila ada anggapan majunya Gibran cs, berarti Jokowi memulai membangun oligarki dan dinasti politik.

Namun yang menarik, lanjut Ujang, keputusan Partai Gerindra pimpinan Prabowo Subianto di empat daerah itu. Menurutnya, kalau benar nanti Gerindra usung anggota keluarga Jokowi khususnya Gibran dan Bobby, berarti kerja sama Jokowi-Prabowo masih terus berlanjut.

Setelah rekonsiliasi paska Pilpres 2019, hubungan Jokowi-Prabowo semakin akrab. Jokowi angkat Prabowo jadi Menteri Pertahanan, kader kritis Gerinda seperti Fadli Zon disuruh bungkam, pendukung Prabowo seperti Ahmad Dhani dan Ratna Sarumpaet keluar dari penjara, dan menyusul Gerindra dukung keluarga Jokowi.

"Dan kalau ada suara-suara yang menyebutkan kerja sama ini akan berlangsung hingga Pilpres 2024, analisa yang tidak keliru, bisa saja terjadi," kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (13/11).

"Jokowi membutuhkan Prabowo sebaliknya Prabowo membutuhkan Jokowi," lanjut dia.

Jokowi akan dukung Prabowo pada pilpres mendatang adalah analisa yang rasional, namun karena masih lama, semua kemungkinan masih terbuka.

Ujang menambahkan, yang menarik dinanti adalah, PDIP akan dukung siapa pada Pilpres 2024. Bersama Jokowi, bisa saja PDIP dorong Prabowo-Puan Maharani.[*]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00