PAW Riezky Dikomersilkan, KPU: Kami Tak Berkepentingan

Politik  SENIN, 13 JANUARI 2020 , 14:22:00 WIB

PAW Riezky Dikomersilkan, KPU: Kami Tak Berkepentingan
RMOLSumsel. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan tertangkap tangan sedang menerima suap.  Oleh KPK, Wahyu sudah dijadikan tersangka namun persoalannya berbuntut panjang. Nama Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto  terseret, namun ia membantah tegas.

Pada Minggu (12/1/2020) Hasto malah balik menuding KPU atas kasus pergantian antar waktu (PAW) caleg PDIP Dapil Sumsel I Harun Masiku.

Hasto menyatakan, ada pihak-pihak yang melakukan komersialisasi atas legalitas soal PAW yang diajukan PDI Perjuangan, berdasarkan putusan hasil uji materi Mahkamah Agung dan juga Fatwa Mahkamah Agung

Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, mengatakan KPU tidak tahu menahu apa yang dituduhan Hasto tersebut.

"Kita tidak tahu menahu persoalan itu (pihak yang mengkomersialisasikan surat PAW)," ujar Pramono saat ditemui di Kantor sementara KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (13/1).

Namun demikian, Pram sapaan akrab Pramono, menjelaskan bahwa KPU sudah mengikuti aturan yang berlaku terkait putusan permohonan PAW Riesky Aprilia beralih ke Harun Masiku.

"Secara substansi KPU dari awal berpegang pada ketentuan yang memang tidak memungkinkan pergantian baik dari Nazarudin Kiemas ke Harun Masiku atau dari Riezky Aprilia ke Harun Masiku," kata Pram.

Oleh sebab itu, tuduhan yang dinyatakan Hasto tersebut dianggap Pram diluar kepentingan KPU.

"Persoalan kalau di luar ada makelar-makelar tentu kita tidak berkepentingan soal itu, dan ruang yang dimiliki KPU untuk 'bermain-main' sebenarnya tidak ada," pungkasnya.[*]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00