Cerdas, Pemerintah Undang AS-Jepang Investasi di Natuna

Politik  MINGGU, 12 JANUARI 2020 , 22:24:00 WIB

Cerdas, Pemerintah Undang AS-Jepang Investasi di Natuna
RMOLSumsel. Pemerintah Indonesia unjuk gigi dengan mengundang Amerika Serikat (AS) dan Jepang untuk berinvestasi di Pulau Natuna. Ini merupakan ketegasan pada Pemerintah China bahwa Indonesia tidak bisa didikte.

Demikian dikemukakan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan, di mana ia mengtakan  bawha mendatangkan AS dan Jepang, Presiden Joko Widodo terlihat memberi ketegasan untuk tidak didikte oleh negara tirai bambu tersebut.

Kalau dilihat dari survei, AS, Jepang, dan China berpengaruh besar dan investasi mereka juga besar terhadap Indonesia. Maka upaya Jokowi memberi semacam keseimbangan ini signal kepada China bahwa kita tak mau didikte karena Indonesia punya kawan yang juga menjadi kekuatan besar dunia seperti AS dan Jepang,” kata Djayadi Hanan usai diskusi hasil survei LSI Persepsi Publik Terhadap Negara-Negara Berpengaruh di Asia di Hotel Erian, Jakarta Pusat, Minggu (12/1).

Melalui ruang yang diberikan kepada AS dan Jepang, Indonesia telah mengirim kode kepada China agar tak mengintimidasi perairan Natuna.

Jadi menurut saya, ini adalah strategi diplomasi yang dipakai Indonesia yang cukup cerdas agar mengurangi tekanan China,” tandasnya seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL. [*]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00