Guru Besar: Pesan Jokowi Itu untuk Bangsa Indonesia..

Politik  MINGGU, 12 JANUARI 2020 , 13:45:00 WIB

Guru Besar: Pesan Jokowi Itu untuk Bangsa Indonesia..
RMOLSumsel. Di tengah hangatnya polemik atas kehadiran kapal-kapal nelayan yang dikawal kapal Coast Guard China, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadi di Pulau Natuta, Rabu lalu. Presiden membawa pesan bagi Bangsa Indonesia, bukan Pemerintah China.

Hal itu berbeda dengan rapat yang dilakukan oleh Jokowi di atas KRI di Perairan Natuna pada 2016 yang pesannya ditujukan kepada Pemerintah China.

Demikian yang dikatakan oleh Gurubesar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana dalam diskusi "Pantang Keok Hadapi Tiongkok" di Upnormal Coffee, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Minggu (12/1).

Menurutnya, pesan kehadiran Jokowi dan rombongan di Natuna kemarin justru ditujukan untuk masyarakat Indonesia.

"Presiden secara sengaja mengatakan tidak ada pelanggaran terhadap kedaulatan, melainkan hak berdaulat di ZEE," tutur Hikmahanto seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Hal itu dibutuhkan karena beberapa waktu terakhir masyarakat Indonesia memiliki kesalahan pandangan di mana pelanggaran dianggap terjadi di kedaulatan.

Bahkan banyak di antara masyakarat Indonesia yang mendorong pemerintah untuk mengerahkan militer yang bilamana dilakukan justru akan menyalahi aturan.

Menimpali Hikmahanto, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengatakan kehadiran Jokowi merupakan pesan untuk rakyat Indonesia, khususnya nelayan. Bahwa pemerintah menjamin perlindungan dari nelayan Indonesia.

"Kehadiran presiden memberikan kepastian jaminan perlindungan bagi nelayan Indonesia," ujar Ali. [*]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00