Kapal China Sudah Pergi, Gak Usah Ribut Lagi..

Politik  KAMIS, 09 JANUARI 2020 , 20:03:00 WIB

Kapal China Sudah Pergi, Gak Usah Ribut Lagi..
RMOLSumsel. Kapal-kapal nelayan dan kapal Coast Guard China sudah meninggalkan Laut Natuna Utara. Sekarang sudah tidak ada lagi kapal asing di kawasan Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE) Indonesia tersebut.

Kepastian ini disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD, yang mengaku dirinya terus memantau perkembangan di Laut Natuna. Karena itu dipastikannya semua kapal China telah meninggalkan Laut Natuna Utara.

"Jadi, sekarang untuk Natuna itu, di area yang kemarin diributkan, itu sudah tidak ada lagi Coast Guard mau pun nelayan Tiongkok sudah keluar," kata Mahfud ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat seperti diberitakan JPNN.com, Kamis (9/1).

Ke depan, Mahfud berharap, publik tidak perlu meributkan persoalan Laut Natuna yang dimasuki kapal-kapal China itu. Mahfud mengajak publik untuk ramai-ramai melakukan kegiatan di Natuna.

"Oleh sebab itu, kita enggak usah ribut-ribut lagi, kita isi sekarang Natuna itu dengan kegiatan-kegiatan sosial ekonomi dan pemerintahan secara lebih proporsional, daripada kosong," tutur dia singkat.

Sebelumnya, Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi, menyebut kapal-kapal Tiongkok sudah mulai meninggalkan Laut Natuna. Kapal Tiongkok mulai tidak tampak di Laut Natuna setelah Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke perairan tersebut.

"Berdasarkan pengamatan dari TNI AU melalui pengintaian udara, mereka, artinya kapal-kapal Tiongkok, yang waktu itu melakukan ilegal fishing, mereka sudah keluar dari ZEE Indonesia. Itu setelah kunjungan bapak presiden ke Natuna," kata Sisriadi ditemui awak media di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/1).

Menurut Sisriadi, kunjungan Presiden Jokowi memunculkan kesan bahwa Natuna menjadi bagian Indonesia. Dari situ, kapal-kapal Tiongkok yang tidak ingin memperpanjang persoalan, memutuskan mundur dari Natuna.

"Saya kira kunjungan bapak Presiden ke Natuna merupakan pesan dari pemerintah kita kepada Beijing," ucap dia. [*]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00

Guru Honorer Harus Diberhentikan Massal

Guru Honorer Harus Diberhentikan Massal

Sosial13 Februari 2020 14:24

Aturan Baru Dana BOS, Kepala Sekolah Terancam Penjara
Rajin Menabung Dari Uang Saku, Ternyata

Rajin Menabung Dari Uang Saku, Ternyata

Kriminal11 Februari 2020 09:37

Hukum11 Februari 2020 08:11

RUU Omnibus Law Hapus Cuti Panjang Pekerja

RUU Omnibus Law Hapus Cuti Panjang Pekerja

Ekonomi13 Februari 2020 16:01