SUV Pertama Turki Terinspirasi dari Mobil Besutan Pininfarina?

Lifestyle  MINGGU, 29 DESEMBER 2019 , 16:51:00 WIB

SUV Pertama Turki Terinspirasi dari Mobil Besutan Pininfarina?

NET

RMOLSumsel. Turki baru saja mengungkap purwarupa dari mobil pertama mereka jenis SUV dengan merek TOGG, produsen mobil asli negara itu.

Dari wujud keseluruhan SUV Turki itu, disebut bahwa sebagian besar tarikan desain terinsipirasi dari konsep SUV yang pernah dibuat oleh rumah desain kenamaan, Pininfarina, lansir Motor1.

Menurut mereka, SUV TOGG tampak menyerupai Pininfarina K350 concept, pertama kali dikenalkan pada April 2018 lalu. Tampan dan proporsional memang.

Ternyata itu tidak lantas mengejutkan. TOGG telah menjalin kerja sama dengan Pininfarina pada desain SUV pertama mereka itu.

Meskipun, perusahaan patungan asal negeri Recep Tayyip Erdogan itu menyebut bahwa wawasan tentang desain mobilnya berasal dari selera masyarakat Turki.

Lihat saja wajahnya hingga ke pelat skid perak di dasar dagu. Bahkan ke bagian belakang yang bersih dan diselingi lampu belakang tipis

Secara profil, TOGG tetap membawa perbedaan terutama di pilar belakang, dan tidak mengadopsi atap mengapung seperti K350.

Tidak saja pada model SUV, tetapi juga untuk model sedan listrik TOGG, yang sangat mirip dengan Pininfarina H600 concept.

Terlepas dari itu, jika memang lerja sama itu ada, maka tidak ada salahnya sentuhan model Pininfarina begitu terasa.

Pasalnya, banyak produsen mobil dunia (Ferrari, Maserati, Cadillac, Nash, Peugeot, Jaguar, Volvo, Alfa Romeo, MG, Cisitalia, dan Lancia), memanfaatkan keahlian rumah desain asal Italia, dan kini sudah dikuasi sebagian besar sahamnya oleh Mahindra Group itu.

Sementara itu, TOGG sendiri akan dipasarkan untuk pasar domestik juga ekspor. Mereka juga siap memasuki pasar electric vehicle (EV) pada 2022, dengam lima model berbeda. [irm]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00