Waduh! PDIP Tak Janji Dukung Putra Jokowi

Politik  SABTU, 21 DESEMBER 2019 , 22:13:00 WIB

Waduh! PDIP Tak Janji Dukung Putra Jokowi
RMOLSumsel. Sejauh ini belum ada kepastian Gibran Rakabuming Raka dapat menclonkan diri di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo 2020 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sebab PDIP belum bisa menjanjikan apapun untuk mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, di mana dia memastikan belum tentu pihaknya mendukung Gibran. Karena ada tahapan yang dilalui untuk mendukung calon dan diputuskan oleh Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP.

"Ya, keputusan konstitusi kami, Ibu Megawati yang punya hak memutuskan itu," kata Hasto ditemui di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat seperti dilansir JPNN.com, Sabtu (21/12).

Kendati begitu, kata Hasto, DPP PDI Perjuangan tetap berperan untuk menentukan sosok yang didukung di Pilwalkot Solo. DPP PDI Perjuangan, kata Hasto, akan melakukan pemetaan politik di Solo. Hasil dari pemetaan akan disampaikan ke Megawati untuk menjadi bahan pertimbangan mengambil keputusan.

"Tugas DPP membantu beliau dalam menyiapkan pemetaan politik analisis terhadap survei analisis terhadap bagaimana kehendak rakyat dan akan diputuskan," ucap dia.

Dia menegaskan, seluruh kader PDI Perjuangan akan patuh terhadap keputusan Megawati. Bahkan, kader PDI Perjuangan akan berupaya memenangkan keputusan Megawati terkait Pilwalkot Solo.

"Ketika Ibu Ketua Umum mengambil keputusan, di situ lah seluruh jajaran partai siap mengamankan keputusan itu," ucap dia.

Setidaknya, dua sosok disebut-sebut akan menjadi Calon Walikota Solo yang dari PDI Perjuangan. Keduanya yakni Wakil Walikota Solo Ahmad Purnomo dan putra Presiden Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Hasto, PDI Perjuangan masih melakukan pemetaan politik menyambut Pilwalkot Solo. Dari situ, Megawati Soekarnoputri pun belum bersikap untuk condong memilih Purnomo atau Gibran di Pilwalkot Solo.

"Kami sedang membahas, beberapa rapat DPP akan dilakukan," tutur dia.[ida]

Komentar Pembaca
Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

Betapa Bersahajanya Kapolri Idham

RABU, 15 JANUARI 2020 , 19:00:00

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

Peresmian B30, Ahok pun Mendampingi

SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 14:58:00

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

Resmi..Palembang Punya Pasar Duren

SENIN, 06 JANUARI 2020 , 21:33:00

Guru Honorer Harus Diberhentikan Massal

Guru Honorer Harus Diberhentikan Massal

Sosial13 Februari 2020 14:24

Aturan Baru Dana BOS, Kepala Sekolah Terancam Penjara
Rajin Menabung Dari Uang Saku, Ternyata

Rajin Menabung Dari Uang Saku, Ternyata

Kriminal11 Februari 2020 09:37

Hukum11 Februari 2020 08:11

RUU Omnibus Law Hapus Cuti Panjang Pekerja

RUU Omnibus Law Hapus Cuti Panjang Pekerja

Ekonomi13 Februari 2020 16:01