UU Anti Muslim Ditanggapi Keras oleh Bangladesh

Politik  SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 10:59:00 WIB

UU Anti Muslim Ditanggapi Keras oleh Bangladesh
RMOLSumsel. Keputusan Parlemen India mengesahkan RUU Amandemen Kewarganegaraan atau Citizenship Amandement Bill (CAB) berdampak buruk terhadap hubungan dengan negara tetangganya. Salah satunya Bangladesh yang menanggapi dengan keras.

Menteri Luar Negeri Bangladesh Abdul Momen mengatakan pihaknya telah meminta India untuk memberikan daftar warga negara Bangladesh yang tinggal secara ilegal di sana. Sebelumnya, ia membatalkan kunjungannya ke India pada Kamis (12/12).

Permintaan warga Bangladesh yang tinggal secara ilegal di India dilakukan kemarin, Minggu (15/12). Bangladesh sedang mencari kemungkinan untuk merepartiasi mereka.

"Kami akan mengizinkan mereka (warga negara Bangladesh), karena mereka memiliki hak untuk masuk ke negara mereka sendiri," ujarnya seperti yang dimuat One India yang dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Senin (16/12).

Meski demikian, Momen mengaku hubungan India dan Bangladesh tetap normal dan baik. Daftar Nasional Kewarganegaraan (NRC) yang tengah disusun India adalah masalah internal. Momen juga menolak spekulasi akan adanya aksi balasan terhadap warga negara India yang tinggal secara ilegal di Bangladesh.

Sementara ketika ditanya perihal pembatalan kunjungannya, Momen beralasan jadwalnya padat. Sedangkan sumber-sumber diplomatik lain di New Delhi mengatakan pembatalan tersebut karena pengesahan CAB di Parlemen.

Hal ini diperkuat dengan komentar Momen terhadap Menteri Dalam Negeri India Amit Shah. Momen menolak tegas pernyataan Shah yang mengatakan telah terjadi penganiyaan terhadap minoritas agama di Bangladesh.

Dalam CAB, India memberikan status kewarganegaraan kepada warga negara Bangladesh, Afganistan, dan Palestina yang nonmuslim yang tinggal secara ilegal sejak 2015. Alhasil, dokumen ini dianggap telah "Anti-Muslim" dan mendiskriminasi minoritas di India. [ida]


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00