Ozil Bela Uighur, China Boikot Pertandingan Arsenal

Politik  SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 08:58:00 WIB

Ozil Bela Uighur, China Boikot Pertandingan Arsenal
RMOLSumsel. Bintang sepakbola Mesut Ozil membela kaum Muslim Uighur di Provinsi Xinjiang, yang mengalami kekerasan oleh Pemerintah China. Kendati Manajemen Arsenal sudah membuat klarifikasi bahwa itu pernyataan pribadi Ozil, tak urung China melakukan boikot.

Televisi Milik Negara China CCTV telah menghapus jadwal Pertandingan Liga Premier Arsenal melawan Manchester City. Tak disiarkannya pertandingan tersebut, jelas merupakan aksi balasan China terhadap pernyataan seorang Ozil.

Dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Senin (16/12), pernyataan bintang sepakbola Arsenal itu dinilai sangat kontroversia. Sebab Ozil di sosial media pekan lalu dengan lantang mengkritik kebijakan negeri tirai bambu terhadap kelompok minoritas Muslim Uighur.

Ozil menyebut, orang-orang Uighur adalah pejuang yang menentang penganiayaan. Dia pun mengkritik tindakan keras China dan bungkamnya umat Muslim di dunia atas keadaan tersebut.

"(Di China) Quran dibakar, masjid ditutup, sekolah-sekolah teologi Islam, madrasah dilarang, cendekiawan agama dibunuh satu per satu. Terlepas dari semua ini, umat Islam tetap diam," kata Ozil di akun sosial medianya. Dia menyuarakan solidaritasnya sesama Muslim.

Komentar Ozil itu mengundang mengundang dukungan dari banyak pihak. Namun di sisi lain, kecaman juga datang padanya, terutama dari masyarakat China.

Koran Global Times China mengatakan di akun Twitternya pada hari Minggu (15/12) bahwa CCTV mengambil keputusan untuk menghapus jadwal pertandingan Liga Premier Arsenal melawan Manchester City dalam daftar siarnya setelah komentar Ozil membuat penggemar kecewa.

Sebelumnya, seorang juru bicara Arsenal mengatakan bahwa pernyataan Ozil resmi merupakan pandangan pribadi dan tidak mewakili klub.

"Konten yang dia ungkapkan sepenuhnya adalah pendapat pribadi Ozil," begitu keterangan yang dirilis di akun resmi Arsenal di platform Weibo.

"Sebagai klub sepak bola, Arsenal selalu menganut prinsip tidak terlibat dalam politik," tambahnya seperti dimuat The Guardian.[ida]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00