Seru! Demokrat Ajari Menko Polhukam tetang HAM

Politik  MINGGU, 15 DESEMBER 2019 , 07:55:00 WIB

Seru! Demokrat Ajari Menko Polhukam tetang HAM
RMOLSumsel.  Menteri Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Mahfud MD mengatakan tak mau  penggusuran rumah deret Tamansari, Bandung, jadi polemik. Karena itu ia enggan memberi komentar maupun penjelasan tentang kasus tersebut.

Pernyataan Mahfud itu ditanggapi oleh politisi Partai Demokrat.  Wasekjen DPP Partai Demokrat Rachland Nashidik  tak sependapat karena Mahfud mengatakan bahwa publik yang jadi lawan bicara tidak akan mengerti mengenai arti dari pelanggaran HAM.

Menanggapi itu, Rachland Nashidik mengurai rumus sederhana. Pertama, mengenai kekerasan warga pada warga yang masuk dalam ranah perbuatan pidana.

Tapi negara bisa melanggar HAM korban bila tidak membawa pelaku ke muka hukum,” tegasnya dalam akun Twitter pribadi yang dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (15/12).

Sementara kekerasan yang dilakukan negara dengan segala perangkat yang dimiliki, sambungnya, adalah rumus pelanggaran HAM.

Negara mempraktikan impunitas bila tak bawa aparat pelaku ke muka hukum,” terangnya.

Adapun Mahfud MD sebelumnya enggan berpolemik apakah kericuhan tersebut termasuk pelanggaran HAM.

"Ah, sudahlah nggak usah diributkan. Kalian nggak ngerti arti pelanggaran HAM," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat lalu (13/12).[ida]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00