Jelang Nataru, Bea Cukai Perketat Pengawasan

OLEH: Harris Suprapto

Ekonomi  SABTU, 14 DESEMBER 2019 , 22:27:00 WIB

RMOLSumsel.Jelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Wilayah Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim) mulai memperketat pengawasan.

Upaya pengetatan pengawasan dilakukan untuk memantau barang-barang terlarang yang masuk ke wilayah Sumsel, mengingat akan meningkatnya jumlah kunjungan maupun keberangkatan.

Hal itu tak jarang dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan ataupun orang-orang tak bertanggungjawab untuk menghindari cukai atas barang bawaan dari luar negeri.

Kepala Kantor Wilayah Dirjen Bea dan Cukai Wilayah Sumbagtim Dwijo Muryono mengatakan untuk peningkatan pengawasan, setiap petugas disiagakan penuh untuk mewaspadai kemungkinan banyaknya libur dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Terkait perayaan Natal dan Tahun Baru, kami memang meningkatkan upaya pengawasan. Jika bukan karena alasan yang sangat mendesak, tim pengawasan tidak diperkenankan untuk cuti,” kata Dwijo kepada RMOLSumsel, Sabtu (1412).

Menurutnya, pengetatan pengawasan sudah ditekankan  semua kantor pelayanan bea dan cukai di wilayah Sumbagtim, baik bandara maupun pelabuhan yang menjadi pintu masuk barang dan orang.

Kami juga selalu memperbarui peta kerawanan di wilayah tugas sesuai perkembangan yang ada. Pembaruan yang dilakukan berdasarkan tingkat resiko kerawanan yang ada dan informasi dari masyarakat,” paparnya.

Kendati demikian, upaya yang dilakukannya akan lebih maksimal jika bersinergi dengan semua pihak, untuk itu Dwijo mengimbau agar masyarakat dapat membantu memberikan informasi jika mendapati kegiatan yang diduga melanggar peraturan.

Hal ini akan sangat membantu kami untuk melakukan tugas pengawasan. Karena dengan kerjasama yang baik akan dapat meningkatkan kualitas pengawasan yang kami lakukan,” imbuhnya. [sri]











Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00