Begini Skema Asesmen Pengganti Ujian Nasional

Ragam  SABTU, 14 DESEMBER 2019 , 18:25:00 WIB

Begini Skema Asesmen Pengganti Ujian Nasional

NET

RMOLSumsel. Penerapan Ujian Nasional yang selama ini menjadi tolok kelulusan siswa akan digantikan dengan sistem asesmen kompetensi.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Ade Erlangga menjelaskan, asesmen nantinya akan bertolok ukur pada Programme for International Student Assessment (PISA) dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) yang terdiri dari beberapa komponen.

Pertama kompetensi dasar minimum, yaitu literasi.

"Bagaimana mereka (siswa) dilihat dari kemampuan penalaran dan analisis situasi di sekitarnya," papar Ade dalam diskusi Polemik bertajuk Merdeka Belajar Merdeka UN” di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12).

Kedua yaitu numerasi, seperti matematika yang mengajarkan ilmu logika. Namun Ade menegaskan, nantinya penilaian itu tak berbasis hafalan, melainkan kemampuan nalar dan analisa peserta ddik.

Ketiga, survei karakter sebagai tujuan pendidikan yang membentuk siswa berakhlak mulia dan berbudi pekerti.

"Ini harus disurvei karakter pancasilais itu gimana. Tapi gimana anak itu di-assest tentang sikap gotong royong, atau sering bullying, kemampuan mereka menghormati orang tua. Jadi karakter itu penting," ujarnya.

Asesmen ini akan dilakukan di tahun keempat Sekolah Dasar (SD), tahun kedua Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Asesmen itu bisa memberikan jeda perbaikan bagi siswa selama 1,5-2 tahun.

Dia mengatakan, asesmen itu dilakukan untuk memetakan kompetensi minimum.

"Jadi anak-anak itu, guru atau sekolah itu, di-assest, dilakukan penilaian supaya bisa melakukan perbaikan ke depan. Apa yang terjadi di masa lalu, kekurangan-kekurangan, kita lakukan perbaikan," tandasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00