Memilih Dirut PT Garuda, Harus Sosok yang Berani "Menginjak Kaki"

Ragam  SABTU, 14 DESEMBER 2019 , 15:52:00 WIB

Memilih Dirut PT Garuda, Harus Sosok yang Berani

NET

RMOLSumsel. Sosok pemimpin yang berani 'menginjak kaki' menjadi kriteria wajib yang harus diperhatikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dalam memilih Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk.

Hal itu disampaikan Kamar Dagang Industri (Kadin) merespons pencopotan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara sebagai Dirut Garuda.

"Menurut saya orangnya mesti yang berani nginjek kaki. Kalau enggak, susah. Karena kan yang kita lihat, yang terjadi di tingkat atas," ujar Dewan Penasihat Kadin, Chris Kanter di Jakarta, Sabtu (14/12).

Maksud dari berani menginjak kaki adalah pemimpin yang menjalankan tugas dan fungsinya dengan benar, alias menyehatkan perusahaan negara dengan tanpa mementingkan keperluan pribadi.

Sementara, jika melihat contoh kasus penyelundupan Harley Davidson yang dilakukan Ari, integritas perusahaan BUMN tercoreng.

Hal ini berdampak besar kepada kesehatan perusahaan negara. Sebab tidak menutup kemungkinan pekerja di perusahaan BUMN yang ada di level bawah akan mengikuti jejak Ari Askhara.

"Biasanya kalau pengalaman pemimpinnya enggak compliance (patuh terhadap aturan, ya kebawahnya dia juga gitu," ujar Chris.

"Ya kasarnya kalau you jadi anak buah saya, kalau saya nyolong hanya orang yang sangat idealis dan berakhlak yang enggak ikut (nyolong). Tapi yang begitu kan langka," tandasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00