Ribuan Anak-cucu BUMN Segera Ditata Ulang

Ekonomi  SABTU, 14 DESEMBER 2019 , 12:27:00 WIB

Ribuan Anak-cucu BUMN Segera Ditata Ulang
RMOLSumsel. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sempat terkejut mengetahui banyaknya anak perusahaan masing-masing BUMN. Pertamina saja memiliki 142 anak perusahaan.

Yang membuat Menteri Erick heran, ratusan anak perusahaan BUMN tersebut menjalan bisnis yang tidak ada kaitan dengan perusahaan induknya.

Mengenai hal ini, Staf Khusus Presiden Arif Budimanta menyebutkan, anak cucu BUMN ada yang memiliki usaha jasa cleaning service, catering, rumah sakit hingga hotel. Jenis-jenis usaha itu berada di bawah naungan perusahaan BUMN besar seperti Pertamina, Pelni hingga PTPN.

"Apa urusan perusahana BUMN memiliki anak usaha, badan usaha punya catering. Maksudnya menunjang enggak? Jangan jauh dari core concern-nya (bidang yang difokuskan)," kata Arief dalam diskusi "Garuda dan Momentum Pembenahan BUMN" di Jakarta, Sabtu (14/12).

"Perusahaan pertambangan itu hampir semua punya rumah sakit, Pertamina banyak, Pelni, PTPN di Medan kalau kita lihat ada rumah sakit. Ini harusnya dikelola secara profesional," sambung Arif.

Anak cucu perusahaan yang berpotensi mematikan usaha rakyat dan swasta itu, diakui Arif bakal dimoratorium atau dihentikan, dengan mengacu kepada Keputusan Menteri (Kepmnen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) SK Nomor 315/MBU/12/2019.

"Ini akan dikonsolidasi, jadi by intention itu memang awalnya untuk kebutuhan karyawan, mungkin 20-30 tahun lalu. Tapi kita harus redesign dong," pungkas Arif Budimanta. [ida]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00