Jadi Wantimpres, Orang-rang Kaya ini Bergaji 17,5 Juta

Sosial  SABTU, 14 DESEMBER 2019 , 09:26:00 WIB

Jadi Wantimpres, Orang-rang Kaya ini Bergaji 17,5 Juta
RMOLSumsel. Boleh dibilang semua Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) 2019-2024 orang kaya. Dua di antara masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Tujuh lainnya adalah pengusaha besar, ulama kondang, serta politikus senior.

Dengan posisi seperti itu, sudah jelas gaji takkan jadi orientasi para Anggota Wantimpres ini. Sebab gaji mereka cuma belasan juta.
 
Diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (14/12), pemberian gaji kepada seluruh anggota Wantimpres tertuang pada Peraturan Peraturan Presiden Republik Indonesia No 15/2007 tentang Hak keuangan dan Fasilitas Lain Ketua dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Berdasarkan pasal 1 para anggota dan ketua juga mendapat hak keuangan seperti gaji dan tunjangan. Adapun, tunjangan tersebut terdiri dari tunjangan kehormatan, kesehatan, pengganti pensiun, perumahan, dan tunjangan sebagai ketua bagi anggota yang ditetapkan sebagai Ketua Wantimpres.

Maka gaji yang bakal diterima anggota Wantimpres adalah sebesar Rp 17,5 juta setiap bulannya. Perinciannya adalah gaji Rp 6 juta, tunjangan kehormatan Rp 3,3 juta, tunjangan kesehatan Rp 2,2 juta, tunjangan pengganti pensiun Rp 1 juta, tunjangan perumahan Rp 5 juta.

Untuk Ketua Wantimpres mendapat tambahan tunjangan sebesar Rp 1 juta.

Wiranto yang terpilih sebagai Ketua Wantimpres akan menerima penghasilan Rp 18,5 juta setiap bulannya.

Dalam menjalankan tugasnya para anggota dan ketua Wantimpres juga mendapatkan fasilitas lain, seperti yang diatur pada Pasal 4 Ayat 2, yaitu biaya perjalanan dinas baik dalam maupun luar negeri, serta kendaraan dinas yang besar dan jenisnya ditetapkan oleh Menteri Sekretaris Negara.

"Gaji dan tunjangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dan Pasal 3, diberikan sejak yang bersangkutan dilantik atau ditetapkan sebagai Ketua dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden," demikian bunyi Pasal 5.


Berdasarkan Pasal 6, pajak penghasilan (PPh) atas pemberian gaji dan tunjangan bagi Ketua dan anggota Wantimpres ditanggung oleh pemerintah.  [ida]


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00