Longsor Tanah Bekas Tambang Batubara Bikin Resah Warga Tegal Rejo

Daerah  JUM'AT, 13 DESEMBER 2019 , 00:23:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Longsor Tanah Bekas Tambang Batubara Bikin Resah Warga Tegal Rejo

Longsor menutupi sebagian aliran Sungai Kiyahan/RMOL

RMOLSumsel. Peristiwa longsornya tanggul penahan tanah bekas tambang (disposal) milik PT Bukit Asam Tbk di areal pertambangan Banko Barat, di Desa Tegal Rejo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan membuat warga resah. Mereka khawatir longsor berdampak pada pemukiman.

Longsor terjadi pada Kamis (5/12) pekan lalu, di areal yang berbatasan langsung dengan Sungai Kiyahan dan dekat dengan rumah warga di RT 14, Desa Tegal Rejo. Longsor diduga akibat intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari belakangan.

Peristiwa ini mengakibatkan sebagian aliran Sungai Kiyahan kini tertutup oleh material tanah bekas tambang tersebut.Air sungai pun kini menjadi keruh sehingga tak bisa lagi dimanfaatkan warga sekitar.

Warga juga khawatir terhadap ancaman banjir terhadap pemukiman mereka karena terganggunya aliran Sungai Kiyahan di beberapa titik akibat tertutup tanah,

"Jika hujan turun, apa lagi malam hari, kami was-was. Takut air sungai kiyahan masuk menggenangi rumah," kata Almirza, warga RT 14 Desa Tegal Rejo.

Pihaknya berharap perusahaan tambang segera melakukan perbaikan terhadap tanggul yang longsor serta melakukan pemulihan kembali aliran Sungai Kiyahan yang terganggu.

Warga juga berharap PTBA memberi perhatian khusus kepada masyarakat yang tinggal di sekitar areal penambangan. Begitu dekatnya lokasi tambang dengan pemukiman warga mengakibatkan, banyak debu saat musim panas dan ada potensi banjir saat musim hujan. [fak]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00