Nyanyian Ruslan, Seret Debi ke Penjara

Laporan : Haris Suprapto

Kriminal  KAMIS, 12 DESEMBER 2019 , 11:00:00 WIB

Nyanyian Ruslan, Seret Debi ke Penjara
RMOLSumsel. Berkat nyanyian Ruslan Abdul Gani (34) yang tertangkap warga saat mencuri sepeda motor di kawasan Plaju beberapa waktu lalu, aparat kepolisian berhasil meringkusy Debi Saputra (29) yang bertugas sebagai eksekutor dalam aksi tersebut.

Warga Jalan PSI Lautan, Lorong Kedukan 1, Kelurahan 35 Ilir, Kecamatan IB II Palembang yang terpaksa mendapat tindakan tegas dengan tembakan di kedua kakinya ini disergap anggota Unit Jatanras, Subdit III Ditreskrimum Polda Sumsel dari rumahnya, Rabu (11/12).

Berdasarkan hasil pemeriksaan petugas, Debi dan Ruslan mengaku sudah sembilan kali berhasil melakukan aksi pencurian sepeda motor di Kota Palembang, seperti di Halte Transmusi Bukit Besar, simpang tiga Bukit Besar,  Musi 2, Sukarami, Sekojo Ujung , dua kali di kawasan Kertapati, di seberang Musi 2 dan kawasan Pakjo.

Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi mengatakan kedua pelaku ditangkap dari dua tempat berbeda. Untuk modus yang digunakan yakni dengan cara berjalan kaki , ketika ada mangsanya keduanya pun berbagi tugas.

"Keduanya merupakan spesialis pencuri sepeda motor jenis Honda Beat, karena dari sembilan lokasi tempat pencurian sepeda motor yang mereka lakukan semuanya mencuri Honda Beat," katanya.

Bersama kedua pelaku pihaknya juga mengamankan barang bukti satu unit sepeda Honda Beat BG 5466 ACG, satu lembar STNK motor, satu buah cupu (pembuka kunci kontak motor) dan satu buah kunci T yang dipakai untuk beraksi.

Kedua pelaku terlibat beberapa kali pencurian sepeda motor, untuk itu kami imbau kepada masyarakat yang pernah menjadi korban pencurian sepeda motor, dapat melapor dan datang ke Polda Sumsel,” imbuhnya.

Sementara itu tersangka Debi yang harus menggunakan tongkat saat berjalan karena luka tembak yang dideritanya mengaku selama ini yang dicuri hanya sepeda motor Honda Beat, karena dianggap mudah dieksekusi dan dijual.

Sudah sembilan kali curi motor. Biasanya untuk dapat satu motor butuh waktu lima detik, setelah didapat dijual ke daerah Sungai Rebo, Banyuasin seharga Rp2.500.000 dan uangnya untuk beli sabu,” tutur Debi.

Debi mengaku keahliannya mencuri sepeda motor dalam waktu cepat itu dipelajari daru Ruslan. Kunci T itu juga Ruslan yang buat dan dia juga punya,” ucap Debi dihadapan Ruslan yang juga dihadirkan dalam gelar hasil ungkap kasus.

Sedangkan tersangka Ruslan mengaku belajar mencuri sepeda motor dan membuat kunci T serta cupu pembuka kunci dari rekannya yang tinggal di daerah Sungai Rebo. Belajar dari teman juga, setelah itu saya kasih tahu dengan Debi," kata bapak dua anak ini. [yip]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00