Penghargaaan Peduli HAM, Palembang Dapat Nilai Tertinggi

Ragam  RABU, 11 DESEMBER 2019 , 10:36:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Penghargaaan Peduli HAM, Palembang Dapat Nilai Tertinggi

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Kota Palembang mendapat nilai tertinggi pada penilaian untuk penghargaan kota Peduli HAM yang diberikan Kementrian Hukum dan Hak Azazi Manusia (HAM) hari ini, Selasa (10/12/19).

Dimana, ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa, Palembang mendapat nilai tertinggi diantara Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan (Sumsel) yang mendapatkan penghargaaan tersebut.

"Dari Kota/Kabupaten di wilayah Sumsel yang mendapatkan penghargaan Kota Peduli HAM 2019, Kota Palembang  mendapat nilai tertinggi," ungkapnya.

Dewa menerangkan, ada tujuh kriteria yang harus dipenuhi dalam Kota Peduli HAM, yaitu meliputi pemenuhan hak atas kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

Dari tujuh kriteria tersebut, ada 83 indikator yang harus diisi dan dipenuhi oleh pemerintah daerah kabupaten atau kota.

"Urgensi penilaian Kabupaten / Kota Peduli HAM adalah melaksanakan Permenkumham Nomor 25 Tahun 2013 dan Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016," terangnya.

Kabupaten/Kota harus bisa meningkatkan koordinasi antar satuan kerja perangkat daerah dalam pengumpulan data indikator penilaian, serta mampu mendapatkan gambaran tentang Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Penegakan, Pemajuan (P5 ) HAM yang telah dilaksanakan oleh setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta mendapatakan bahan evaluasi pemerintah daerah untuk meningkatkan P5 HAM di setiap SKPD, hingga menghasilkan nilai-nilai positif dari pemerintah pusat.

Penilaian ini dilakukan setiap tahun dan akan diberikan penghargaan bagi Daerah Provinsi, Kota/Kabupaten se-Indonesia yang telah memenuhi indikator tersebut.

"Kota Palembang tahun ini mendapatkan penghargaan Kota Peduli HAM dengan kategori Baik," tuturnya.

Jumlah nilai capaian dari masing-masing indikator tersebut adalah 100 angka. Nilai capaian untuk indikator struktur sebesar 10 angka, indikator proses sebesar 30 angka, dan indikator hasil sebesar 60 angka.

Untuk rumusan penilaiannya, nilai rata-rata = jumlah capaian seluruh indikator / jumlah kriteriaā€¯. Skor dari hasil perhitungan rumus tersebut, lebih dari sama dengan 75 sampai dengan 100, dinilai baik peduli HAM. Lebih dari sama dengan 65 sampai dengan 75, cukup peduli HAM. Lebih dari sama dengan 50 sampai dengan 65, mulai peduli HAM.

"Bila skor kurang dari 50, berarti kurang peduli HAM," sampainya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Palembang, Ir Harrey Hadi mengatakan, penghargaan itu diterima atas penetapan penilaian kriteria Kabupaten/kota peduli HAM.

"Kepastian Palembang menerima penghargaan peduli HAM sudah terkonfirmasi melalui surat, pemberitahuan Dirjen HAM Nomor : HAM-HA. 02.02.-50 perihal capaian Aksi HAM tahun 2019 periode B09 Pemerintah Daerah," katanya, Jumat (6/12).

Capaian hasil RAN HAM B-09 dari Kabupaten/Kota Se-Sumsel tercapai 100 persen. Hasil Penetapan Penilaian Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM Prov. Sumsel, Kota Palembang termasuk dalam kriteria Peduli HAM. [irm]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00