Budayawan: Orang Lampung Dikenal Keras, Tapi Tak Gampang Bacok Orang

Sosial  SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 08:18:00 WIB

Budayawan: Orang Lampung Dikenal Keras, Tapi Tak Gampang Bacok Orang
RMOLSumsel. Beberapa pihak mulai bersuara dalam menyikapi kekhawatiran politisi PDIP, Henry Yosodiningrat kepada pengamat politik yang juga filsuf UI, Rocky Gerung dibacok orang Lampung.
Salah satunya dari budayawan Lampung, Isbedy Stiawan ZS. Menurutnya, orang Lampung atau Ulun Lappung memang terkenal keras dan tegas, tapi tak segampang itu main bacok.

Pada masa senjata tajam tak dilarang dan orang Lampung ke luar rumah biasa menyelipkan sekin di pinggangnya, (namun) tak serta merta menujah orang. Kecuali saat membela diri, mempertahankan nilai diri, atau saat-saat amat mendesak, baru menggunakan sajam,” kata Isbedy dilansir Kantor Berita RMOLLampung, Senin (9/11).

Saat ini, zaman sudah berubah di mana senjata tajam bukan alat satu-satunya bela diri, tapi banyak lainnya misalnya akal sehat.

Jadi, janganlah memanas-memanasi masyarakat dengan cara tak fair itu. Memangnya mudah mengompori rakyat Lampung atas nama menjaga dan melindungi pemimpin? Kecuali membela agama dan Tuhan, siapapun orangnya, adalah harga mati!” ujarnya.

Isbedy mengaku, sebagai Ulun Lappung tak semudah itu diajak membacok orang tanpa memerhatikan persoalan dan alasan sebenarnya.

Sebagai orang Indonesia, kita bersaudara dari satu rahim bernama Indonesia. Kita berteduh bersama di bawah sayap garuda. Kita dimerdekan dan dibebaskan dalam nyanyian 'Indonesia Raya' ciptaan W.R. Supratman, dan terpatri dalam Soempah Pemoeda yang dikonseptori Muhammad Yamin,” tandasnya. [yip]


Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00