Korea Utara Tak Mau Lagi Bicara dengan Amerika

Politik  MINGGU, 08 DESEMBER 2019 , 11:44:00 WIB

Korea Utara Tak Mau Lagi Bicara dengan Amerika
RMOLSumsel. Masalah denuklirisasi Korea Utara saat ini sudah keluar dari meja perundingan dengan Amerika Serikat. Karena itulah, kedua negara tidak perlu lagi melakukan pembicaraan panjang lebar.

Demikian dikemukakan Duta Besar Korea Utara untuk PBB Kim Song dalam sebuah pernyataan kemarin.

Dia menjelaskan bahwa dialog berkelanjutan dan substansial yang diupayakan oleh Amerika Serikat tidak lain adalah "trik menghemat waktu" yang sesuai dengan agenda politik domestiknya.

"Kami tidak perlu melakukan pembicaraan panjang dengan Amerika Serikat sekarang dan denuklirisasi sudah keluar dari meja perundingan," tambahnya, seperti dimuat Reuters.

Pernyataannya ini dibuat di tengah meningkatnya ketegangan jelang tenggat waktu akhir tahun yang ditetapkan oleh Korea Utara. Pyongyang menyerukan agar Amerika Serikat mengubah kebijakannya menuntut denuklirisasi sepihak dan menuntut bantuan dari hukuman sanksi.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebelumnya telah memperingatkan dia bisa mengambil arah baru kebijakan pada tahun depan jika tuntutannya tidak terpenuhi.

Untuk diketahui bahwa Kim dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah bertemu sebanyak tiga kali sejak Juni 2018 lalu. Namun tidak banyak kemajuan signifikan yang dibuat.[ida]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00