Bara Hasibuan Ingin PAN Bebas Dari Ketergantungan Satu Orang

Politik  SABTU, 07 DESEMBER 2019 , 22:30:00 WIB

Bara Hasibuan Ingin PAN Bebas Dari Ketergantungan Satu Orang

Bara Hasibuan/net

RMOLSumsel. Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN), Bara Hasibuan berharap, tidak adanya lagi ketergantungan partai terhadap satu keluarga tertentu.

"Tantangan utama partai ini adalah bagaimana kita melepaskan ketergantungan dari satu orang. Jadi kongres ini bukan suatu rutinitas saja, suatu kegiatan rutin yang memang kegiatan paling penting bagi partai selama lima tahun," ucap Bara Hasibuan kepada wartawan di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12).

Karena kata Bara, sikap untuk tidak selalu bergantung terhadap satu keluarga sangat menentukan masa depan PAN setelah 20 tahun berdiri.

Bara berharap, PAN dapat lebih independen dan tidak digunakan sebagai kendaraan politik salah satu keluarga.

"Contoh utamanya adalah bagaimana kita membawa PAN lebih independen, tidak dipakai sebagai kendaraan politik atau kendaraan salah satu keluarga saja," jelas Bara.

Namun, Bara tidak menjelaskan satu keluarga yang dimaksud. Diduga, Bara menyindir Ketua Dewan Kehormatan, Amien Rais yang selalu membawa keluarganya terjun di PAN. Apalagi, anak Amien Rais yakni Hanafi Rais disebut akan maju sebagai calon Ketua Umum PAN pada Kongres 2020 nanti.

"Kalau itu tidak bisa dilakukan, maka PAN tidak akan bisa berkembang, hanya stuck di perolehan suara 6 sampai 7 persen pada setiap pemilu. Itu adalah tantangan utama dari PAN," katanya.

Selain itu, terkait banyaknya perbedaan pendapat maupun dukungan menjelang Kongres 2020, Bara berharap agar para peserta Kongres nantinya juga dapat bersikap independen dan tidak terpengaruh oleh satu orang yang selama ini mendominasi partai.

"Setiap keputusan yang diambil itu harus selalu memperhitungkan apakah orang ini bisa menerima atau tidak. Dengan begitu, memang selalu selama ini ketua umum dibayang-bayangi oleh satu orang, (dampaknya partai) tidak bisa berkembang," tegasnya.[sri]











Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

RI 7 Dan Walikota Milenial

RI 7 Dan Walikota Milenial

KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 21:42:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00