Masyarakat Diingatkan Kelola Sampah Dengan Cara Ini

Sosial  JUM'AT, 06 DESEMBER 2019 , 08:26:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Masyarakat Diingatkan Kelola Sampah Dengan Cara Ini
RMOLSumsel. Melalui program CSR-nya di bidang lingkungan, Pertamina Hulu Energi Ogan Komering (PHE OK), menggelar kampanye hijau Kampanye di Desa Makartitama Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), kemarin (4/12).

Sasarannya adalah masyarakat sekitar Desa Makartitama yang ikut serta mendukung dan menjalankan kegiatan bank sampah.

Bank Sampah sendiri merupakan salah satu program CSR PHE OK di bidang lingkungan. Dimana program ini memanfaatkan dan mendaur ulang sampah rumah tangga menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomis serta berwawasan lingkungan.

Kepala Puskesmas Kecamatan Peninjauan Kadek Wardana, yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menekankan pentingnya kebersihan untuk kesehatan masyarakat.

Kepada masyarakat ia juga mengingatkan tentang kebiasaan pengelolaan sampah rumah tangga yang baik dan benar. Dengan tata cara 3R yakni (Reuse, Reduce, Recycle), dan pola hidup green life.

Camat Peninjauan Zahrudin, juga mengajak kepada masyarakat Desa Makartitama agar menjaga serta memanfaatkan bank sampah dengan sebaik-baiknya.

Kata dia, bank sampah ini selaras dengan program Desa Proklim yang sudah dicanangkan oleh Bupati OKU di Desa Makartitama pada tahun 2020 dimana PHE OK ditunjuk sebagai Pembina Desa Proklim Makartitama 2020.

Field Manager PHE OK Alamsyah, mengatakan bahwa kampanye hijau merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi untuk pelaksanaan operasional bank sampah Desa Makartitama binaan PHE OK.

Dimana masyarakat Desa Makartitama dan sekitarnya di lingkungan ring 1 PHE OK  dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut.

Sehingga selain bernilai ekonomis  juga melatih masyarakat untuk berprilaku hidup sehat dengan membuang sampah secara baik dan benar, bisa memilah sampah organik dan non organik, sehingga kebersihan dan kelestarian lingkungan dapat terjaga.

Kegiatan bank sampah Desa Makartitama antara lain : menampung sampah organik untuk diproses menjadi kompos yang bisa dipergunakan/dijual sebagai pupuk organik, memilah sampah-sampah bernilai ekonomis (botol, plastic, kertas, besi, dan sebagainya)  kemudian dijual untuk didaur ulang.

PHE OK memfasilitasi bank sampah Desa Makartitama dengan membuat bangunan/tempat bank sampah, penampungan tempat pembuatan kompos/pupuk organik, pelatihan, modal kerja, dan mesin pencacah plastik kapasitas 50kg/jam. [yip]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00