Gakpi Jalin Kerjasama dengan Japbusi

Ekonomi  KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 17:45:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Gakpi Jalin Kerjasama dengan Japbusi
RMOLSumsel. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) Sumsel menjalin kerjasama dengan Jejaring atau serikat Pekerja Buruh Kelapa Sawit Indonesia (Japbusi) menepis isu negatif terkait ketenagakerjaan di Industri sawit Indonesia. Hal itu mengemuka dalam dialog bersama Gapki dan Jabpusi serta dihadiri instansi terkait di Hotel Batiqa Palembang, Kamis (5/12/2019).

Ketua GAPKI Sumsel Alex Sugiarto mengungkapkan, ada sejumlah isu yang dihadapi industri sawit, salah satunya tentang ketenagkerjaan. "Yang kita hadapi industri sawit dituding mempekerjakan anak," ujarnya.

Untuk itu, Gapki siap bersinergi bersama serikat pekerja dan Japbusi dalam menepis tudingan - tudingan yang menyudutkan industri sawit Indonesia dan berdampak ke tenaga kerja itu sendiri.

"Ini kawan-kawan dari serikat pekerja kita berdialog bersama ada pemerintah, untuk mendapatkan solusi bagaimana menepis tudingan negatif dari luar ini," katanya.

Padahal diketahui, sangat tidak mungkin perkebunan sawit mempekerjakan anak - anak. Selain harus berhadapan dari peraturan dari pemerintah, juga beban pekerjaan itu sendiri.

"Kalau itu dilanggar, tentu pemerintah melalui dinas terkaitnya sudah bertindak," tegasnya. Steering Commite Japbusi Mansyur menambahkan Japbusi adalah Jaringan yang mewakili dua juta pekerja di sektor kelapa sawit yang tergabung dalam 10 Federasi yang berafiliasi dalam empat konfederasi yang ada di Indonesia.

Resmi didirikan pada tanggal 5 Desember 2018, jaringan ini juga berkomitmen dan berkolaborasi bersama dalam menyuarakan, mengadvokasi, dan memperjuangkan hak-hak Pekerja/Buruh di Industri Sawit Indonesia. "Meski nama kami masih terdengar asing, namun semangat kami untuk melawan kampanye hitam yang membuat kita sangat kuat. Dan imbasnya kepada kawan-kawan kita yang bekerja diperusahaan sawit," tegasnya. [irm]


Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00