Tunggulah..Bakal Ada Perguruan Tinggi Bubar

Politik  SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 15:45:00 WIB

RMOLSumsel. Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti (SDID) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Ali Ghufron Mukti memprediksikan satu sampai dua perguruan tinggi bakal bangkrut dalam lima tahun ke depan. Bahkan dalam 10 tahun depan, jumlah perguruan tinggi yang bangkrut akan bertambah.

"Ya kemungkinan ada satu sampai dua perguruan tinggi swasta (PTS) yang bangkrut dalam lima tahun ke depan. PTS ini hanya memiliki mahasiswa kurang dari 1000,” ujar Prof Ghufron usai membuka Annual Seminar World Class Professor di Jakarta, Senin (2/12).

Kalaupun PTS tersebut bisa survive, lanjutnya, tantangannya pasti berat. Sebab untuk biaya operasionalnya sangat tinggi. Memang baiknya di merger atau dipikirkan alternatif lain.

"Kalau tidak semua serba sulit, mahasiswa sulit, dosen sulit," ujarnya.

Dia memaparkan, Prof Clayton Christensen dari Harvard Business School memprediksikan 50 persen dari 4000 perguruan tinggi di Amerika Serikat akan bangkrut dalam beberapa dekade mendatang.

Mereka menyimpulkan pendidikan online akan menjadi cara yang lebih murah bagi mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan. Tren ini secara efektif merusak model bisnis, institusi tradisional dan mendepak mereka dari bisnis.

Bagaimana dengan Indonesia? Menurut Ali Ghufron, kondisi tersebut bisa saja terjadi di Indonesia jika para pengelola dan pemilik perguruan tinggi tidak bisa melakukan antisipasi.

"Kalau pimpinan perguruan tinggi bisa antisipasi itu mungkin masih bisa survive tetapi kalau tidak, bisa dibayangkan modelnya akan seperti yang diprediksi Prof Clayton Christensen," ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, mau tidak mau harus mengembangkan pendidikan online terutama program studi. Kemudian dosennya harus literate terhadap perkembangan internet of things, perkembangan hasil revolusi 4.0.

"Jadi proses pembelajarannya harus diubah. Jadi lebih ke arah pemanfaatan teknologi, ini proses pembelajaran yang sangat gampang. Di Trisakti misalnya, dari rumah bisa mengakses perpustakaan. Pinjam buku bisa diakses dari kamar tidur," tandasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00