Atlet Sumsel Sumbang Emas Di SEA Games Filipina

Olahraga  SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 10:12:00 WIB | LAPORAN: YOSEP INDRA PRAJA

Atlet Sumsel Sumbang Emas Di SEA Games Filipina

Jauhari Djohan/net

RMOLSumsel. Koleksi emas kontingen Indonesia di SEA Games 2019 bertambah menjadi tiga medali pada Senin pagi WIB (2/12/2019). Medali emas itu datang dari cabang olahraga duathlon, yang disumbangkan Jauhari Johan. Atlet asal Sumatra Selatan itu menyentuh garis finis lebih cepat dari wakil tuan rumah Delos Reyes Joey dan atlet Thailand, Srinate Nattawut, yang finis di posisi kedua dan ketiga.

Jauhari Johan finis di posisi tercepat dengan catatan waktu 1 jam 52 menit 51 detik dalam dwilomba (lari dan bersepeda) tersebut yang digelar di Subic Bay, Manila. Ini menjadi medali emas pertama yang diraih kontingen Indonesia pada Senin hari ini. Juga medali emas pertama yang diraih Jauhari Johan lantaran prestasi terbaik yang sebelumnya diraihnya hanya medali perak.

Sementara, jadi medali emas ketiga yang total dikoleksi Indonesia sejauh ini di SEA Games 2019. Dua emas sebelumnya didapat dari polo air dan dance sport.

Pada Minggu (1/12/2019), duathlon juga sudah menyumbang medali, yakni dua perunggu, yang satu di antaranya dipersembahkan atlet berusia 18 tahun, Nethavani.

Pelatih Atletik Sumsel Kadir Sani mengatakan Jauhari Djohan merupakan satu dari sekian nama atlet asal Sumatera Selatan yang dikirim Filipina dalam berlaga di SEA Games Manila. Sebelumnya Jojo panggilan akrab Jauhari Djohan merupakan Atlet Maraton yang dimiliki Sumsel dan mulai banting setir ke cabor Triathlon dan Dualthlon. Namun di SEA Games 2019 kali ini peraih medali perak cabor atletik SEA Games 2011 yang lalu itu dipercaya untuk turun di nomor Dualthlon.

"Alhamdulillah, akhirnya atlet kita mampu memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Saya sudah yakin sejak awal dia mampu memberikan medali emas di nomor Dualthlon," ujar Kadir Sani dihubungi RMOLSumsel, Senin (2/12).

Lebih lanjut Kadir mengatakan, selain Jauhari Djohan ada dua nama atlet Sumsel yang bakal menyumbang medali emas di multi even sekelas SEA Games 2019. Dua atlet itu yakni Rio Maholtra atlet lari gawang yang akan turun di nomor 400 Meter lari gawang. Selain itu juga ada Sri Mayasari yang turun di nomor lari jarak menengah 400 Meter. "Prediksi saya, medali emas akan kembali bertambah karena ada dua nama andalan lagi yang akan turun di nomor atletik yakni Rio Maholtra dan Sri Mayasari. Kebetulan keduanya atlet Sumsel," pungkasnya. [yip]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00