FKDM Harus Peka Soal Radikalisme

Daerah  KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 12:59:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

FKDM Harus Peka Soal Radikalisme

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) diminta lebih proaktif dalam melaksanakan kewaspadaan dini terhadap radikalisme dan gangguan Kantibmas.

Demikian disampaikan Bupati H. Kuryana Azis saat membuka Permendagri No 46 tahun 2019 tentang kewaspadaan dini yang diselenggarakan oleh Kesbangpol OKU, Kamis (21/11).

Dikatakan Bupati OKU, keberadaan FKDM di Kabupaten yang berjulukan Bumi Sebimbing Sekundang sebagai wadah masyarakat yang memiliki kepekaan terhadap kewaspadaan dini yang membantu pemerintah dalam melakukan cegah dan tangkal dini.

"FKDM jangan hanya berada di Kabupaten saja, namun harus berada dari tingkat bawah Desa, Kecamatan. Sehingga dapat mengantisipasi dalam hal yang menyangkut permasalahan Kamtibmas serta berbagai isu yang saat ini perlu diwaspadai. Seperti adanya aliran garis keras dan radikalisme,” katanya.

Lebih lanjut, jika menemukan hal yang bisa mengancam Kamtibmas atau terkait radikalisme dan memang mencurigakan,  segera laporkan agar dapat ditindak lanjuti sebagai upaya deteksi dan kewaspadaan dini.

"Segera laporkan, kita ada polisi, TNI atau lapor ke aparat pemerintah setempat agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi sebagai bentuk kewaspadaan dini kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua FKDM Kabupaten OKU. H Rohmat Subeki mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh 160 orang yang terdiri dari Kecamatan, Desa dan Kelurahan serta pengurus FKDM Kabupaten OKU.

Kegiatan ini untuk mengoptimalkan sikap kewaspadan dini terhadap gejala dan potensi timbulnya penyimpangan yang berkembang di masyarakat guna menjaga situasi dan kondisi tetap aman,  nyaman dan kondusif,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada pemwrintah Kecamatan, Desa dan Kelurahan untuk segera membentuk FKDM di tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan. [irm]

Komentar Pembaca
Dr (HC) Hatta Rajasa

Dr (HC) Hatta Rajasa

SENIN, 25 NOVEMBER 2019 , 13:44:00

Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:33:00

Airlangga Daftar Caketum Golkar

Airlangga Daftar Caketum Golkar

SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 18:15:00