Korupsi, 18 Pejabat Terancam 16 Tahun Penjara

Hukum  RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 11:59:00 WIB

RMOLSumsel. Sekarang Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tengah gencar-gencarnya melakukan pemberantasan korupsi. Dalam kaitan itu, pekan ini, 18 orang dihukum karena terlibat suap, penipuan, dan penyalahgunaan jabatan.

Mereka yang dijerat dengan kasus tersebut termasuk pejabat pemerintah serta karyawan di sektor swasta. Mereka yang tidak dirilis identitasnya akan menghadapi hukuman penjara hingga 16 tahun dan denda hingga 1,07 juta dolar AS.

Putusan tersebut diambil menyusul penyelidikan yang dilakukan oleh jaksa penuntut umum yang menemukan bukti kuat akan adanya korupsi.

Laporan media Arab Saudi SPA mengabarkan bahwa mereka yang ditangkap termasuk pejabat pemerintah tingkat eksekutif yang telah menerima suap dari seorang pengusaha serta menyalahgunakan kekuasaannya dan berpartisipasi dalam penipuan.

Dikabarkan Reuters, pemberantasan korupsi sendiri merupakan salah satu hal yang didorong oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman sejak tahun 2017 lalu. Hal itu dilakukan demi merombak ekonomi Arab Saudi.

Namun para kritikus menilai bahwa hal itumerupakan permainan kekuasaan dan penggeledahan dari saingan politik penguasa de facto Arab Saudi. [ida]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00