Walikota Mengukur Kemampuan Pejabatnya Melalui Kompetensi Jon Fit

Sosial  SELASA, 19 NOVEMBER 2019 , 21:00:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Walikota Mengukur Kemampuan Pejabatnya Melalui Kompetensi Jon Fit
RMOLSumsel. Untuk meningkatkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kota Palembang, menggelar Uji Kompetensi (Job Fit) bagi pejabat esellon II yang telah dua tahun menjabat.

Ada 11 Kepala OPD yang mengikuti Job Fit, yang diadakan BK-PSDM Kota Palembang hari ini, Selasa (19/11/19). Semuanya adalah kepala Dinas maupun Badan di lingkungan Pemkot Palembang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ratu Dewa yang membuka dan menguji langsung kepala OPD menyampaikan, Job Fit menjadi salah satu cara Pemkot Palembang dalam meningkatkan kompetensi pejabat yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) ini.

"Ini kita lakukan untuk peningkatan kinerja dari masing-masing OPD dan jadi penilaian kepala daerah dalam penempatan seorang pimpinan Dinas maupun Badan yang tepat," terangnya.

Dewa menambahkan, suksesnya pembangunan serta visi misi Walikota dan Wakil Walikota dalam mewujudkan Palembang EMAS Darussalam 2023, tidak lepas dari kinerja seluruh pejabatnya.

Kompetensi jadi langkah Pemerintah untuk mengetahui kinerja kepala OPD, dalam mendukung program pembangunan yang dilaksanakan.

"Disinilah nanti kita dapat mengatahui potensi dari setiap kepala OPD dan dimana jabatan yang tepat untuk mereka. Nanti ini akan jadi bahan evaluasi Walikota terhadap kepala OPD kedepan," tuturnya.

Adapun pejabat yang mengikuti Job Fit hari ini, Asisten Administrasi Umum, Agus Kelana, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Letizia, Kepala Dinas Sosial, Heri Aprian, Kepala Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PKPB) Kota Palembang, Dicky Lenggardi Tatung, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Yanuarpan Yany, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Ahmad Zazuli.

Kemudian ada Dinas Perpustakaan dan Arsip, Gunawan, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Edison, Kepala Dinas Pariwisata, Kms. Isnaini Madani, Kepala Dinas Perdagangan, Hardayani serta ada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Palembang, Harrey Hadi.

Kepala OPD tersebut mengikuti berbagai tahapan mulai dari wawancara seleksi uji kompetensi dan materi pengujian. Hasil dari tes ini akan membuktikan apakah mereka tepat atau tidak, nanti keputusan  akhir ada di tangan.

Sementara itu, Kepala BK-PSDM Kota Palembang, Riza Fahlevi menyampaikan, pelaksanaan Job Fit yang dilaksanakan hari ini, merupakan arahan dari Walikota untuk mengetahui sejauh mana komptensi para pejabat esellon II yang telah menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama lebih dari dua tahun.

"Job Fit esellon II ini memang belum pernah kita laksanakan dan ini jadi uji kompetensi. Setelah ini akan kita usulkan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara), untuk kedepan bisa dilantik oleh Walikota kedepan, sesuai kemampuan dari pejabat itu sendiri," tuturnya singkat. [yip]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00