Mendes Tegaskan Tidak Ada Desa Siluman

Ragam  SELASA, 19 NOVEMBER 2019 , 18:21:00 WIB

Mendes Tegaskan Tidak Ada Desa Siluman

NET

RMOLSumsel. Soal desa siluman sebagai penerima dana desa dari pemerintah ternyata berbeda pendapat di antara para pembantu Jokowi.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menegaskan, tidak ada desa siluman. Padahal sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut ada sejumlah desa siluman yang dibuat untuk menampung dana desa, meskipun desa tersebut tak pernah ada.

Pernyataan tersebut terlontar dari Abdul Halim saat rapat perdana di Komisi V DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (19/11).

Saya tidak pernah mengiyakan adanya desa siluman,” ucap kakak kandung Ketum PKB Muhaimin Iskandar di lokasi.

Pihaknya kerap menyampaikan, dari perspektif data yang ada di Kementerian Desa, tak ada satupun desa yang tidak berpenduduk yang menerima dana desa.

Kemudian juga tak ada dana desa yang tidak digunakan untuk membangun,” tegasnya.

Kementerian Desa, lanjut Abdul Halim, telah menyalurkan seluruh dana ke desa-desa. Kemudian dipantau secara seksama bahwa dana tersebut digunakan untuk membangun desa.

Dan tahapan laporannya juga sudah berjalan,” katanya.

Untuk termin 1, dana desa yang bisa dicairkan sebanyak 20 persen. Untuk mencairkan termin 1, kata Abdul Halim, harus menyelesaikan laporan akhir tahun dan kemudian diproses melalui mekanisme atau aturan yang berlaku.

Progres yang sedang berjalan lalu terbit termen pencairan yang kedua, dari sisi itu tidak ada satu pun desa yang tidak yang bertanggung jawab,” tandasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00