Laonma: Sejak Awal Saya Tahu Bakal Dijadikan Tumbal

Laporan : Haris Suprapto

Hukum  SELASA, 19 NOVEMBER 2019 , 13:44:00 WIB

Laonma: Sejak Awal Saya Tahu Bakal Dijadikan Tumbal

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Laonma Pasindak Lumban Tobing mengaku sejak awal dirinya sudah mengetahui bahwa bakal dijadikan tumbal dalam perkara korupsi dana hibah 2013 tersebut.

Dengan keluarnya putusan kasasi yang menjatuhkan 7 tahun 6 bulan dan denda Rp500 juta subsider 8 bulan kurungan atau naik dari putusan banding dengan hukuman 5 tahun denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan membuatnya semakin tidak puas.

Sejak awal saya sudah tahu persis ada skenario bahwa saya yang dijadikan tumbal dalam perkara ini,” ujar Laonma kepada wartawan usai penundaan sidang Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Palembang, kemarin.

Menurut mantan Kepala BPKAD Sumsel ini, hal itu sudah ia sampaikan kepada kepala daerah yang kala itu dijabat Alex Noerdin. Namun saat itu Laonma menyebut akan menjalani semua yang diputuskan.

Sekitar sidang kedua atau kedua saya dipanggil pak Alex, saya katakan bahwa saya menyadari akan dijadikan tumbal, dengan kondisi begini-begini, saya tidak tahun apakah bapak tahu atau tidak setuju atau tidak saya tidak tahu,” ucapnya.

Namun pada kenyataannya, ia melanjutkan, hukuman yang dijatuhkan malah jauh lebih berat dan hal itu juga menjadikan beban bagi keluarganya.

Saya harapkan bisa bebas secepatnya, karena yang pertama kasihan keluarga, kalau pembunuhan karir itu sudah pasti,” harap Laonma yang menyebut tak lagi peduli terhadap proses hukum dalam perkara ini.

Menurutnya, pengajuan PK ini ia tunggu sampai satu tahun lima bulan, karena harus menunggu amar putusan kasasi yang dikeluarkan Mahkamah Agung.

Awalnya saya memang marah, tapi sejak pertengahan 2018 saya pribadi berpikirnya terserahlah mau diproses lagi atau tidak yang penting saya bisa cepat bebas,” tandasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00