Terpidana Korupsi Dana Hibah Sumsel 2013 Ajukan PK

Laporan: Haris Suprapto

Hukum  SENIN, 18 NOVEMBER 2019 , 20:00:00 WIB

Terpidana Korupsi Dana Hibah Sumsel 2013 Ajukan PK
RMOLSumsel. Laonma Pasindak Lumban Tobing, terpidana kasus korupsi dana hibah Sumsel 2013 kembali mengajukan upaya hukum. Kali ini mantan Kepala BPKAD Sumsel ini mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Pengadilan Negeri Palembang.

Namun sidang perdana Peninjauan Kembali atas putusan tingkat kasasi dari Mahkamah Agung (MA) Nomor: 290 K/PID.SUS/2018 tertanggal 10 April 2018 yang dipimpin majelis hakim Adi Prasetyo di Pengadilan Negeri Palembang, Senin (18/11) terpaksa ditunda.

Berdasarkan data diperoleh, terjadwal bahwa sidang permohonan PK nomor 13/pid.sus-tpk/2017/PN.Plg digelar pukul 09.00 wib, akan tetapi hingga siang hari tak kunjung dimulai. Meski Laonma, selaku pemohon yang kini mendekam di sel tahanan Rutan Pakjo Palembang telah datang sejak pagi.

Hingga akhirnya setelah jam istirahat siang persidangan baru dibuka, namun hanya bersifat penundaan karena pihak kejaksaan selaku termohon belum menyiapkan kontra memori, lantaran baru menerima release pemberitahuan sidang penunjukan jaksa selaku termohon pada Jumat (15/11) lalu, sehingga oleh majelis hakim persidangan kembali digelar pada 28 November mendatang.

Menurut Ronald Siahaan, selaku tim penasihat hukum Laonma, penundaan persidangan juga dikarenakan majelis hakim yang disibukkan dengan padatnya jadwal sidang, meski pihaknya telah siap melaksanakan persidangan.

"Dari kita sebagai pemohon sudah siap sidang, namun karena pihak jaksa belum menerima memori PK serta jadwal sidang yang padat dari majelis hakim, sidang ditunda hingga 28 November nanti," ujar Ronald.

Jika persidangan digelar, Ronald melanjutkan, pihaknya selaku kuasa hukum pemohon akan membacakan memori Peninjauan Kembali yang diajukan, kemudian baru dilanjutkan dengan mendengarkan kontra atau jawaban dari pihak jaksa selaku termohon.

Namun Ronald masih merahasiakan alat bukti baru yang akan disampaikan dalam persidangan. "PK diajukan berdasarkan temuan bukti baru dari klien kita selaku pemohon. Tapi itu rahasia, nanti saja akan kami buka di persidangan," ucapnya. [yip]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00