Mantan Mendagri Gamawan Fauzi Dipanggil KPK

Politik  SENIN, 18 NOVEMBER 2019 , 14:59:00 WIB

Mantan Mendagri Gamawan Fauzi Dipanggil KPK

Gamawan Fauzi/net

RMOLSumsel. Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi.

Gamawan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dudy Jocom (DJ) dalam kasus dugaan korupsi pembangunan empat kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Sulawesi Utara.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DJ," kata Jurubicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (18/11).

Selain Gamawan, KPK juga mengagendakan pemeriksaan terhadap dua orang lainnya yakni Staf PT Hutama Karya, Mohammad Anas dan Hari Prasojo sebagai saksi dugaan korupsi pengadaan dan pelaksanaan pekerjaan pembangunan Gedung Kampus IPDN tahap II Rokan Hilir Provinsi Riau pada Kemendagri tahun ajaran 2011.

Diketahui, KPK telah menetapkan Dudy Jocom sebagai tersangka korupsi pembangunan empat kampus IPDN. KPK juga telah menetapkan dua tersangka lainnya yakni Kepala Divisi Gedung atau Kepala Divisi I PT Waskita Karya Adi Wibowo dan Kepala Divisi Konstruksi VI PT Adhi Karya Dono Purwoko.

KPK menduga, Dudy Jocom melalui kenalannya menghubungi beberapa kontraktor untuk menginformasikan adanya proyek IPDN. Selanjutnya, para pihak itu menggelar pertemuan di sebuah kafe di Jakarta.

Dari pertemuan itu, disepakati adanya pembagian proyek. Proyek IPDN di Sulawesi Selatan digarap Waskita Karya sementara PT Adhi Karya menggarap proyek IPDN di Sulawesi Utara.

Dudy Jacom Cs diduga telah meminta fee sebesar 7 persen dari setiap proyek tersebut. Akibatnya, negara diduga mengalami kerugian hingga Rp 21 miliar.[sri]



Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00