Awas..Sebelas Daerah Sumsel Ini Rawan Bencana

Laporan : Haris Suprapto

Sosial  JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 16:25:00 WIB

Awas..Sebelas Daerah Sumsel Ini Rawan Bencana
RMOLSumsel.Memasuki peralihan dari kemarau ke musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel memprediksi ada 11 daerah rawan bencana, baik banjir maupun tanah longsor.

Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan bila banjir diprediksi ada di wilayah hulu Sumsel. Rata-rata wilayah itu merupakan wilayah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) 2019.

"Seperti Kabupaten Musi Rawas Utara, Musi Rawas, PALI, Muaraenim, Banyuasin, Musi Banyuasin dan OKI merupakan wilayah rawan banjir,” ucap Iriansyah.

Sedangkan untuk wilayah dataran tinggi yang rawan berpotensi longsor, dirinya melanjutkan, meliputi Kabupaten Empat Lawang, Pagaralam, Lahat dan OKU Selatan.

Untuk mengantisipasi kemungkinan bencana dan hal yang tak diinginkan, BPBD telah berkoordinasi dengan pemerintah masing-masing kabupaten/kota, serta instansi terkait.

 
"Sejak jauh hari kita telah melakukan koordinasi dengan pemetaan. Mulai dari persiapan sumber daya manusia hingga peralatan bila terjadi bencana," paparnya.

Selain itu Iriansyah menjelaskan, langkah antisipasi yang juga dilakukan yakni menyiapkan kemungkinan terburuk dampak bencana seperti kekurangan logistik saat bencana terjadi.

"Musibah itu tidak hanya mengakibatkan kerugian materi tetapi juga dapat menelan korban jiwa. Jadi Badan Ketahanan Pangan juga sudah menyiapkan beras bila terjadi bencana yang menyebabkan gagal panen di daerah-daerah," jelasnya. [ida]


Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00