Irfan Syauqi Beik : Presiden Harus Selamatkan BMI

Ekonomi  JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 15:43:00 WIB

Irfan Syauqi Beik : Presiden Harus Selamatkan BMI
RMOLSumsel. Pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin bertekad membangun ekonomi syariah. Karena itu, Presiden diminta melakukan penguatan dan penyelematan Bank Muamalat Indonesia (BMI).

Permintaan itu merupakan hal sangat wajar mengingat, Ma'ruf pernah menjabat Ketua Dewan Pengawas Syariah Bank Muamalat. Dia menjadi DPS bank syariah pertama di Indonesia ini sejak tahun 2002.

Pengamat ekonomi dan keuangan syariah Irfan Syauqi Beik mengatakan, lebih banyak social cost yang ditimbulkan apabila Bank Muamalat tutup, ketimbang dilakukan penyelamatan.

"Opsi penyelaman masih ada. Mari dudukkan persoalan dengan baik, telaah teliti, jernih membaca, dan jangan main tuding," ujar Irfan saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (15/11).

Menurutnya, permasalahan likuiditas yang dihadapi Bank Muamalat yang juga bank-bank lain, harus dicarikan solusi penyelaman. Pemerintah bisa meminta investor untuk menyuntikkan dana.

"Bukan malah menggiring opini yang menyesatkan. OJK juga perlu melakukan relaksasi agar investor masuk. Intinya, harus ada dorongan agar kembali sehat," ungkap Irfan.

Dan yang sangat disayangkan, isu Bank Muamalat digulirkan justru pada saat pemerintah sedang gencar-gencar mendorong perkembangan ekonomi syariah.

"Saya yakin pemerintah tentu memperhatikan peraturan dan perundangan yang berlaku. Pemerintah juga berupaya untuk menciptakan ekosistem yang baik untuk ekonomi dan keuangan syariah berkembang lebih baik," tutur Irfan.

Periode Januari-Agustus 2019, laba bersih Bank Muamalat tercatat hanya mencapai Rp 6,57 miliar. Periode yang sama tahun sebelumnya, laba bersih perusahaan mencapai Rp 110,9 miliar. [ida]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00