Kalau Mengacu Pancasila, Semestinya Pilkada Dipilih Dewan

Politik  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 16:58:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Kalau Mengacu Pancasila, Semestinya Pilkada Dipilih Dewan

H. Marjito Bachri/RMOL

RMOLSumsel. Ketua DPRD Ogan Komering Ulu (OKU), H. Marjito Bachri, mempunyai pemikiran serupa dengan Wakil Bupati (Wabup), mengenai pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang kembali ke DPRD seperti wacana yang berkembang.

"Kalau dikembalikan ke Pancasila, semestinya Pilkada memang dipilih anggota DPRD," ujar Jito, panggilan akrab Marjito Bachri.

Dia menjelaskan, bahwa dalam sila keempat Pancasila, jelas disebutkan bahwa kerakyatan yang dipimpin oleh khitmad kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

"Artinya, yang dibuat founding father kita itu adalah orang yang khitmad, orang yang bijak, berkumpul melahirkan pemimpin. Artinya tidak ada pemilihan," ungkapnya.

Ditambahkan Marjito, kalau menurut dasar - dasar yang dikemukakan bapak bangsa ketika mendirikan negara ini, bahwa hal tersebut merupakan budaya Bangsa Indonesia.

"Orang bijak itu kan kyai, ustad, pastor, dosen, guru, kemudian berkumpul, berembuk bermusyawarah memilih seorang pemimpin," terangnya.

Dan lagian, dari sisi anggaran, lanjut dia, sangat efektif kalau Pilkada dipilih anggota DPRD. Pasalnya, biaya penyelenggaraan Pilkada oleh masyarakat menyedot anggaran sekitar Rp 60 miliar.

"Sedangkan kalau Pilkada dipilih oleh anggota DPRD, saya kira Rp 1 miliar cukup besar," tukas Jito.

Dia pun menjabarkan, anggaran Pilkada jika dipilih anggota DPRD yang tidak lebih dari Rp 1 miliar, itu digunakan untuk 1 kotak suara, 35 lembar surat suara dan pengamanan di gedung DPRD. "Itu kalau dari sisi efisiensi anggaran," imbuhnya. [yip]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00