Kawasan DAS di OKU Raya Mulai Mengkhawatirkan

Daerah  SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 23:09:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Kawasan DAS di OKU Raya Mulai Mengkhawatirkan

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Sejumlah kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah OKU raya, yakni OKU, OKU Timur dan OKU Selatan mengalami penurunan kualitas dan dinilai cukup memprihatinkan dalam beberapa tahun terakhir.

Utamanya jika dilihat dari sisi persoalan sampah, kualitas air. termasuk kuantitasnya sendiri.

Menurut Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Provinsi Sumatera Selatan, Safrul Yunardi, hal ini terjadi karena daya dukung lingkungannya sudah menurun.

Persoalan-persoalan macam ini tentunya akan berdampak pada masyarakat jika tidak dikelola dengan baik.

Oleh karenanya, menurut Safrul, hal tersebut menjadi perhatian serius pihaknya. Dan untuk menanggulanginya, Fordas Sumsel kini telah membentuk Fordas tingkat kabupaten di OKU Raya.

Pembentukan Fordas tingkat kabupaten penting dilakukan mengingat di tiga kabupaten ini memiliki banyak sungai dan danau yang saat ini secara kualitas mengalami penurunan,” katanya.

Fordas ini terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Dan semua pihak yang terlibat di dalamnya, akan berperan sesuai dengan bidang masing-masing guna meningkatkan kembali daerah aliran sungai. Sehingga kualitas dan kuantitas air sungai dapat terjaga untuk kebutuhan masyarakat.

Pengelolaan DAS merupakan isu strategis dan memiliki urgensi yang tinggi. Sementara, tidak ada satupun lembaga yang memiliki otoritas penuh dalam pengelolaan DAS ini dari hulu sampai hilir. Karena itulah dibentuk Forum DAS,” tandasnya. [irm]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00