Keren, Banyuasin Buat Batik Sendiri

Oleh: Bubun Kurniadi

Ekonomi  SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 19:45:00 WIB

Keren, Banyuasin Buat Batik Sendiri

Bupati Banyuasin Askolani/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Pembinaan Industri Kecil Menengah (IKM) dalam memperkuat Jaringan Klaster Industri dalam bentuk pelatihan lanjutan pembuatan Batik Daerah dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kantor Camat Talang Kelapa, Minggu (10/10).

Pelatihan ini diselenggarakan berkat kerjasama antara Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Banyuasin dengan Dekranasda Kabupaten Banyuasin. Bertujuan agar Kabupaten Banyuasin mampu mandiri atau bisa memproduksi Batik Banyuasin sendiri sehingga memperkuat jaringan klaster industri di Kabupaten Banyuasin.

Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH, MH menyatakan pelatihan membatik merupakan upaya menumbuh kembangkan kultur kebudayaan yang berbasis kepada kearifan lokal, sebagai kancah lahirnya inovasi dan kreasi mutakhir serta trend baru dibidang perbatikan Indonesia khususnya di Kabupaten Banyuasin.

Pelatihan membatik bagi IKM sebagai rangsangan awal dalam pertumbuhan batik di Kabupaten Banyuasin. "Hasil akhir yang diharapkan Batik Banyuasin dapat menjadi kebanggaan masyarakat Banyuasin untuk ikut serta dalam Gelar Batik Nusantara (GBN) yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali,” katanya.

Industri Batik telah berkembang di Kabupaten Banyuasin, bahkan telah memberikan kontribusi cukup berarti dalam ekspor nonmigas. Ini merupakan awal dan wujud nyata untuk memperkuat jaringan klaster industri di Kabupaten Banyuasin.

"Jadi seriuslah dalam pelatihan batik, buat batik Banyuasin dengan motif yang keren", ucapnya

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani memaparkan bahwa di Kabupaten Banyuasin baru ada dua kecamatan yang memiliki Industri Kecil Menengah untuk pelatihan pembuatan batik, yakni Kecamatan Talang Kelapa dan Kecamatan Tanjung Lago.

Pada bulan April tahun 2019 Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM telah melaksanakan kegiatan Pembinaan IKM dalam memperkuat jaringan klaster industri (pelatihan pembuatan batik daerah),” katanya.

”Pada Anggaran Perubahan 2019 Dekranasda Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM melaksanakan pelatihan lanjutan pembuatan batik daerah kepada IKM kerajinan batik dan sandang sehingga mampu memproduksi batik Banyuasin secara mandiri dan memiliki daya saing untuk meningkatkan pendapatan bagi IKM,” tegasnya.

Turut hadir, Para FORKOPIMDA Kab.Banyuasin, Para Kepala OPD Kab. Banyuasin, Wakil Ketua TP. PKK Kab. Banyuasin, Camat Talang Kelapa, Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Talang Kelapa dan Ketua Tim Penggerak Desa/Kelurahan Kecamatan Talang Kelapa.[sri]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00