Nama Putra Presiden Muncul Merepotkan PDI Perjuangan

Politik  SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 14:14:00 WIB

Nama Putra Presiden Muncul Merepotkan PDI Perjuangan
RMOLSumsel. Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka sudah memantapkan langkahnya, untuk mencalonkan diri di Pilkada Kota Solo 2020. Dengan mendaftarnya Gibran di PDI Perjuangan, mau tidak mau partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu repot.

Dikemukakan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, pemetaan pihaknya terus melakukan pemetaan politik kusus menghadapi Pilkada Serentak 2020. Pemetaan harus selesai sebelum rapat kerja nasional (rakernas) pada awal tahun depan.

Hasto menyampaikan hal itu saat mengunjungi Solo, Jawa Tengah kemarin. Menurutnya, Rakernas PDIP akan digelar bersamaan dengan perayaan ulang tahun partai berlambang kepala banteng itu pada 10 Januari 2020.

"Sebelum rapat kerja nasional yang akan dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun PDI Perjuangan 10 Januari 2020, kami sudah memfinalkan seluruh pemetaan politik strategis, termasuk Kota Solo," kata Hasto dikutip dari JPNN.com, Sabtu (9/11).

Khusus untuk Pilkada Solo, kata Hasto, PDIP terus melakukan pemetaan politik sekaligus survei untuk memantau elektabilitas calon yang akan diusung. Nama-nama bakal calon yang sudah mendaftar di DPC PDIP Solo, kata Hasto, elektabilitasnya akan diukur melalui survei yang dilakukan dewan pimpinan pusat (DPP).

"Dari situlah kombinasi antara proses penjaringan internal dengan pemetaan politik akan diambil keputusan siapa calon wali kota terbaik yang akan diusung PDI Perjuangan," tutur Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu mengatakan bahwac munculnya putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dalam bursa bakal calon wali kota Solo dari PDIP telah mengubah konstelasi politik di daerah berjuluk Kota Bengawan tersebut.

Munculnya nama Mas Gibran, tentu saja ini mengubah konstelasi politik yang ada di Kota Solo Dan ini bagian dari pemetaan politik PDI Perjuangan," ungkap Hasto.

Hasto menyebut Solo merupakan kota strategis. Pasalnya, di kota itu pula lahir sosok Joko Widodo yang muncul dari bawah dan akhirnya menjadi presiden.

"Dari walikota menjadi gubernur hingga menjadi presiden. Artinya jalan demokrasi dari bawah, demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, itu diperoleh dari Kota Solo ini. Ini kemudian bagi PDI Perjuangan menjadi sebuah model di dalam meningkatkan demokrasi dan proses kaderisasi kepemimpinan. Dari daerah ke nasional," jelas dia.[ida]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah
Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00